Pendaftaran KALABAHU Buruh Angkatan II Diperpanjang Hingga 31 Juli

Category: Uncategorized 21 0
Kredit www.bantuanhukum.or.id
Kredit www.bantuanhukum.or.id

Solidaritas.net, Jakarta – Pendaftaran Karya Latihan Bantuan Hukum (KALABAHU) Buruh Angkatan II Tahun 2015 diperpanjang. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta yang menyelenggarakan kegiatan tersebut akan terus menerima pendaftaran peserta hingga hari Jumat, 31 Juli 2015 secara langsung di kantor mereka, dan hingga hari Senin, 3 Agustus 2015 secara online atau melalui email. Sebelumnya, masa pendaftaran akan ditutup pada 24 Juli 2015 lalu.

“Berdasarkan dengan ini kami sampaikan bahwa pendaftaran Karya Latihan Bantuan Hukum (KALABAHU) Buruh Angkatan II Tahun 2015 diperpanjang dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Pendaftaran offline atau datang langsung ke Kantor LBH Jakarta diperpanjang sampai dengan Jumat, 31 Juli 2015; dan 2. Pendaftaran online atau via email diperpanjang sampai dengan Senin, 03 Agustus 2015,” jelas Pengacara Publik LBH Jakarta, Wirdan Fauzi seperti dikutip oleh Solidaritas.net dari situs Bantuanhukum.or.id, Selasa (28/7/2015).

Perpanjangan pendaftaran pelatihan advokasi hukum bagi kaum buruh ini disampaikan melalui surat LBH Jakarta No 805/SK-PSDHM/VII/2015 perihal Pengumuman Pendaftaran KALABAHU Buruh 2015 tanggal 27 Juli 2015. Ditambahkannya, bagi para buruh yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, maka dapat menghubunginya langsung melalui nomor ponsel 081212638424 atau Obed Sakti di nomor 082110101990.

Sebelumnya, seperti pernah diberitakan oleh Solidaritas.net beberapa waktu lalu, kegiatan ini merupakan lanjutan dari KALABAHU Buruh Angkatan I yang telah sukses dilaksanakan pada tahun 2014 lalu. KALABAHU Buruh Angkatan II dengan tema ‘Meningkatnya Kapasitas Buruh dalam Melakukan Advokasi Upah di Tingkat Perusahaan’ ini rencananya akan dihelat pada 15 Agustus 2015 hingga 27 September 2015 mendatang, setiap Sabtu dan Minggu.

“KALABAHU Buruh di tahun 2015 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pentingnya gerakan buruh di tengah politik upah murah demi mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial, meningkatkan pemahaman tentang hak atas pekerjaan adil dan layak sesuai dengan prinsip Hak Asasi Manusia termasuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja, dan meningkatnya keterampilan dan kecakapan untuk advokasi upah,” terang Wirdan pada saat diberitakan itu.

Baca juga: LBH Jakarta Gelar KALABAHU Buruh Angkatan II

Dijelaskannya, peserta KALABAHU Buruh yang akan diselenggarakan di Gedung LBH Jakarta ini merupakan perwakilan Serikat Buruh/Serikat Pekerja (SP/SB) dari sekitar Jabodetabek. Persyaratan umumnya adalah anggota SP/SB di tingkat perusahaan, anggota SP/SB bidang advokasi atau sedang dipersiapkan melakukan tugas advokasi, berkomitmen menggunakan pengetahuan dari pelatihan untuk proses advokasi di SP/SB, serta direkomendasikan oleh SP/SB tingkat perusahaan, dan dapat mengikuti pelatihan secara penuh hingga selesai.

Adapun tata cara pendaftarannya adalah mengisi formulir pendaftaran calon peserta melalui online di website LBH Jakarta, klik di sini. Lalu, menyiapkan fotocopy atau hasil scan KTP dan kartu anggota serikat, riwayat hidup, surat rekomendasi dari SP/SB untuk mengikuti pelatihan, empat lembar pas foto 3×4, surat pernyataan kesediaan mengikuti seluruh rangkaian acara Kalabahu Buruh 2015 LBH Jakarta, dan surat pernyataan berkomitmen untuk menggunakan pengetahuan yang didapat dalam pelatihan untuk proses advokasi di SP/SB. Semua persyaratan itu bisa dikirim ke email panitiakalabahuburuh@gmail.com atau bisa juga diantar langsung ke Kantor LBH Jakarta, Jalan Diponegoro No 74, Jakarta Pusat.

Kemudian, panitia akan menyeleksi menjadi 40 orang yang dinyatakan lulus persyaratan administrasi dan berhak mengikuti pelatihan tersebut. Ke-40 calon peserta itu dikenakan biaya sebesar Rp 350.000 pada saat pendaftaran ulang secara langsung ke panitia. Selain itu, panitia juga menyediakan beasiswa kepada peserta, dengan cara mengajukan surat permohonan beasiswa melalui ketua panitia paling lambat tanggal 24 Juli 2015, bersamaan dengan persyaratan administratif yang dikirim ke email panitia atau diantar ke kantor.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close