Video: Aliansi Jawa Barat Gugat Perdanaker Jabar di MA

Category: Uncategorized 11 0

Solidaritas.net – Rabu, 4 Maret 2015, sekitar seribuan massa Aliansi Jawa Barat yang terdiri dari berbagai organisasi dan serikat buruh se Jawa Barat dari Bekasi, Purwakarta, Kerawang, Sukabumi, Tasik Malaya, Cirebon. mendatangi Mahkamah Konstitusi, Kementerian Dalam Negeri dan Kementrian Ketenagakerjaan.

aksi aliansi jawa barat
Aksi Aliansi Jabar menolak Perdanaker Jawa Barat.

Massa aksi menolak Peraturan Daerah Jawa Barat. Di Mahkamah Agung Aljabar mendaftarkan permohonan untuk melakukan Judicial Review terhadap Perda tsb. Menurut Aljabar Perda No. 6 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan ketenagakerjaan seharusnya batal demi hukum.

“Kami menyerahkan permohonan kami untuk menguji Perda Nomor 6 Tahun 2014 yang telah di keluarkan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang di buat dengan melanggar norma – norma ketentuan di antaranya : pertama, di keluarkan dengan terburu – buru. Kedua, tidak ada naskah akademik. Ketiga, banyak sekali yang bertabrakan dengan UU No 13 tahun 2003 dan juga permenaker nomor 19 tahun 2011, karenanya kami meyakini bahwa hak uji materi ini hanya menunggu waktu untuk di kabulkan Mahkamah Agung,” ujar salah seorang orator.

“Karena melanggengkan outsourcing. karena dalam pasalnya menyatakan boleh diberlakukannya UU Nomor 13 tahun 2003 selagi tidak bertentangan dengan Perda, perda apa itu kawan – kawan,” seorang orator bertanya, serentak massa aksi menjawab “Perda makar!“

Setelah melakukan aksi di depam MA maka aljabr juga mendatangi kementrian dalam negeri, meminta kepada menteri dalam negeri tahyo untuk membatalkan perda jabar no tentang ketenaga yang di anggap makar terhadap hak konstitusional buruh.

“Dari bapak Muhaimin sampai bapak Hanif Dhakiri kita sebagai serikat buruh yang ingin menyampaikan aspirasinya tidak pernah bertemu dengan Menterinya. Kita merekomendasikan kepada Menteri Tenaga Kerja dari tingkat Bupati, Walikota, sampai Dinas Tenaga Kerja untuk tidak memberlakukan Perda ini di tingkat pengusaha kawan – kawan. ini yang bahaya buat kita kedepan apabila Perda ini sudah di terapkan oleh pengusaha – pengusaha”

Lihat videonya di Aliansi Jawa Barat Gugat Perdanaker Jabar di MA – Youtube.

https://www.youtube.com/watch?v=FrT98zQ4rNc

activate javascript

activate javascript

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close