Tuntutan Buruh PT Roxy Dipenuhi

Category: Uncategorized 93 0
Solidaritas.net – Buruh PT Roxy Prameswari yang melakukan pemogokan sejak Kamis, 19 Juli lalu, di Cibitung, akhirnya berhasil memenangkan tuntutan mereka. Hal ini disampaikan oleh Humas Gabungan Solidaritas Perjuangan Buruh (GSPB), Sri Darwanti di akun Facebook-nya.

“Setelah dari malam hingga jam 4 pagi berunding, akhirnya seluruh tuntutan kawan-kawan GSPB PT Roxy Prameswari dapat dimenangkan secara tuntas,” kata perempuan yang akrab disapa Wanti ini.

Seluruh buruh mendapatkan status karyawan tetap (Kartap/PKWTT), upah sesuai upah minimum Kabupaten (UMK) Bekasi Rp.2,4 juta, tunjangan masa kerja, uang makan dan transportasi, tidak wajib lembur serta bonus.

Lebih lanjut, bidang Advokasi GSPB, Suleman menjelaskan, pengusaha bersedia menjalankan UMK tahun 2014 untuk pekerja dari masa 0 tahun terhitung sejak Januari 2014. Kekurangan pembayaran upah selama enam bulan akan dibayar secara rapel. Surat Keputusan (SK) Kartap akan diberikan selambat-lambatnya tanggal 30 Juni 2014. Bonus penjualan dihitung perfaktur yang akan dibayar pada tanggal 7 Juli.

Mogok kerja tersebut direncanakan selama satu bulan sampai dengan 19 Juli 2014, namun tuntutan berhasil dimenangkan dalam tiga hari mogok. Mogok buruh perusahaan distributor ice cream ini dilangsungkan bersamaan dengan pemogokan buruh PT Dharma Kridatama yang juga basis GSPB. Buruh PT Dharma menuntut pengusaha agar pelaksanaan 11 kewajiban perusahaan sesuai dengan nota pengawasan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi, di antaranya pembayaran upah sesuai UMK dan mengikutsertakan buruh dalam Jamsostek atau PJS Tenaga Kerja. (Baca juga: Suasana Pilpres, GSPB Lakukan Mogok)

Pemogokan ini juga dilakukan untuk menegaskan bahwa kedaulatan buruh harus diperjuangkan oleh buruh itu sendiri, bukan dititipkan kepada elit politik, termasuk para Capres-Cawapres dalam Pilpres 2014. (Baca juga: GSPB Tolak Semua Capres dan Bangun Alternatif)

Untuk menambah kekuatan, GSPB menggalang solidaritas dari buruh di basis-basis GSPB lainnya dan rutin melaksanakan evaluasi pemogokan harian. (Rn)

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close