Tolak PHK, Buruh Minuman Kemasan Club Mogok Kerja

Category: Uncategorized 10 0
FPBI Serukan Boikot Air Kemasan Club
Foto: Andriansyah “CC-BY-SA-3.0”

Bekasi- Buruh PT Tirta Sukses Perkasa yang tergabung dalam Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) melakukan aksi mogok kerja, Rabu (14/9).
Aksi yang diikuti 117 dari 150 buruh PT Tirta Sukses Perkasa ini dilatarbelakangi dugaan perusahaan akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 48 buruh.
Mereka menuntut perusahaan untuk konsisten terhadap kesepakatan yang dirangkum dalam perjanjian bersama pada 10 September 2015 lalu.

Dari perjanjian bersama yang diterima Solidaritas.net, tercantum beberapa kesepakatan, yaitu Agustinus Haryanto selaku pihak pertama sekaligus Plant Manager PT Tirta Sukses Perkasa sepakat melaksanakan ketentuan UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang berisi perusahaan  akan merubah status  89 buruh kontrak menjadi buruh tetap dengan masa kerja terhitung dari mulai bekerja. Mereka juga berjanji akan memberikan surat pengangkatan pekerja tetap selambat-lambatnya 18 September 2015.

Selain itu, perusahaan air kemasan Club ini juga berjanji akan merubah status pekerja harian lepas menjadi buruh kontrak dan akan diangkat menjadi pekerja tetap setelah melewati masa kerja 2 x 6 bulan dengan masa kerja terhitung mulai dari masuk kerja, jika memenuhi syarat berdasarkan penilaian kerja setelah berkoordinasi dengan pihak serikat pekerja.
Namun, sebelum terjadi perubahan status, perusahaan justru berusaha melakukan PHK secara sepihak terhadap 48 buruh

Dalam siaran persnya, Ketua Serikat FPBI PT Tirta, Rizky Jumawan mengatakan, mogok terpaksa ditempuh karena perundingan menemui jalan buntu.

“Kami sudah mengingatkan dan berbicara baik-baik dengan manajemen bahwa karyawan kontrak harus di angkat menjadi karyawan tetap akan tetapi manjemen akan tetap lakukan PHK,” ujarnya.

Semenjak issu PHK sepihak terhadap 48 buruhnya beredar, buruh PT Tirta Sukses Perkasa yang tergabung dalam FPBI melakukan aksi protes melalui media sosial, Facebook. Dari pantauan Solidaritas.net, mereka memosting gambar bertuliskan boikot air kemasan club.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close