Tips Cegah Sakit Punggung Bagi Buruh Pabrik

Category: Uncategorized 11 0

Solidaritas.net – Ada banyak penyakit yang bisa mengancam para buruh pabrik setiap saat ketika sedang bekerja. Oleh karena itu, mereka benar-benar harus memperhatikan soal keselamatan dan kesehatan kerja, agar bisa terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kapan saja tersebut. Namun, ternyata ada juga penyakit yang tetap bisa terjadi, meskipun buruh pabrik sudah memastikan mengenai keselamatan dan kesehatan kerjanya.

sakit punggung
Foto Ilustrasi: Sakit punggung. © Flickr.com / exalthim

Penyakit seperti ini biasanya memang tidak diduga-duga datangnya. Meski dianggap sepele, namun tetap saja bisa menganggu aktifitas pekerjaan. Salah satu penyakit tersebut adalah sakit punggung. Menurut World Health Organization (WHO), sakit punggung ternyata adalah penyebab utama dari kelumpuhan yang terjadi pada manusia. Selain itu, sakit punggung ini juga menjadi salah satu penyebab banyaknya terjadi kasus absen bekerja pada pekerja.

Memang banyak pihak yang menyebut sakit punggung menjadi penyakit yang paling sering menyebabkan pekerja jam kerja mereka, dibanding dengan jenis penyakit lainnya. Bahkan, salah satu hasil penelitian menyebut satu dari enam hari kerja terbuang karena sakit yang berhubungan dengan nyeri punggung. Selain itu, sakit punggung juga menjadi penyakit syaraf kedua setelah sakit kepala yang paling sering diderita oleh warga Amerika Serikat.

Sakit punggung ini pun tidak hanya terjadi pada para buruh pabrik yang sering melakukan pekerjaan berat. Melainkan, juga bisa terjadi pada buruh pabrik yang dalam pekerjaan sehari-harinya hanya duduk saja untuk melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu, siapa pun bisa mengalami sakit punggung saat bekerja. Saat masalah nyeri di punggung ini terjadi, maka dapat menghambat pekerjaan..

Oleh karena itu, para buruh pabrik juga perlu melakukan sejumlah cara untuk membantu meminimalisir terjadinya sakit punggung. Ada beberapa cara yang ditawarkan oleh The American Council on Exercise, seperti dikutip dari US Health News, yaitu sebagai berikut:

  1. Seringlah berjalan dan beristirahat untuk meregangkan tubuh. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari agar Anda tidak selalu duduk saja dalam waktu yang terlalu lama.
  2. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menempatkan bantal, handuk atau sandaran untuk menopang bagian belakang punggung Anda, agar tidak kelelahan saat harus duduk lama.
  3. Lakukan pergerakan tubuh yang baik dan tetap sambil duduk di depan meja kerja Anda. Bagi para buruh pabrik, ini perlu dilakukan saat harus banyak bergerak saat bekerja.
  4. Sesuaikan posisi meja agar semua peralatan kerja di atasnya bisa dijangkau dengan mudah. Dengan begitu, akan meminimalisir gerakan yang bisa mengganggu punggung.
  5. Hal terakhir yang juga harus diperhatikan, tentunya saja rajin berolahraga secara teratur, makan dengan nutrisi yang cukup dan sehat, serta selalu hindari kebiasaan merokok.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para buruh pabrik selama bekerja, untuk bisa membantu meminimalisir terjadinya sakit punggung, sehingga tidak mengganggu pekerjaan.

***

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close