Sudah Tiga Hari ABB Aksi di PT MDI

Category: Uncategorized 21 0

Solidaritas.net, Bekasi – Massa buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Bekasi (ABB) melakukan aksi di PT Murakami Delloyd Indonesia (MDI), kawasan Delta Silicon, Kabupaten Bekasi, sejak Senin (24/02) tiga hari lalu.
Aksi ini dilakukan setiap hari sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan untuk menuntut agar buruh yang di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dipekerjakan kembali dengan status karyawan tetap di perusahaan yang memproduksi spion tersebut.
Menurut Bidang Advokasi Federasi Pekerja Industri Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FKI SPSI), Fransiscus, pengusaha harus mempekerjakan kembali buruh yang telah diPHK sekalipun Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupate Bekasi mengeluarkan anjuran PHK.

“Apa dasar Disnaker mengeluarkan anjuran PHK? Padahal buruh MDI telah melakukan mogok secara sah. Disnaker hanya beralasan yang tidak masuk akal, buruh dan pengusaha tidak bisa dipersatukan kembali,” katanya.

Aksi buruh PT MDI ini mendapatkan bantuan solidaritas dari massa Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia dan Gabungan Solidaritas Perjuangan Buruh (GSPB) yang mendatangi PT MDI seusai kerja.

Pihak PT MDI mendatangkan sepasukan Brigade Mobil (Brimob) Polisi untuk berjaga di dalam dan di luar pabrik.

“Sekarang MDI menjadi Markas Detasemen Brimob Indonesia,” sindir Fransiscus. (Rn)

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close