Solidaritas untuk Buruh PT Hi-Tech Ink Mujiyo dkk

Category: Uncategorized 12 0
solidaritas untuk buruh pt hi-tech ink
Solidaritas untuk buruh PT Hi-Tech Ink Mujiyo dkk dari Serikat Buruh Bumi Manusia (SEBUMI) PT Nanbu Plastic.

Solidaritas.net, Bekasi – Di media sosial Facebook, beredar solidaritas untuk buruh PT Hi-Tech Ink, Mujiyo dkk. Pihak-pihak yang bersolidaritas untuk Mujiyo dkk itu mengirimkan foto dan menuliskan sesuatu di dinding Facebook Mujiyo untuk menyemangati perjuangannya melawan pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak.

Mereka mengirimkan sebuah foto diri yang memegangi karton bertuliskan dukungan.

“Mujiyo, kau tak sendiri. Kami akan melawan bersama om Mujiyo,” demikian kalimat yang tertulis pada poster terbuat dari kertas karton yang dipegangi oleh tiga orang buruh.

Kemudian, rekan Mujiyo juga mengunggah foto anaknya yang sedang memegangi karton bertuliskan, “Semangat terus Om Mujiyo,”

Bahkan ada yang menegaskan penolakannya terhadap PHK sepihak dan menuntut agar PT Hi-Tech Ink menghentikan pelanggaran UU Ketenagakerjaan terhadap Mujiyo.

Berbeda dengan itu, seorang perempuan mengenakan jilbab putih. Terlihat sedang berada di pabrik juga menyemangati Mujiyo. Mengakangkat sebuah karton bertuliskan dukungan dan pada bagian bawah karton tersebut dibubuhkan kalimat “I Love You untuk Mujiyo”.

Tak henti-henti dukungan untuk Mujiyo terus berdatangan. Bahkan pada sebuah helm kerja, rekan Mujiyo juga menuliskan “semangat Mujiyo,”.

Diakui Mujiyo bahwa dukungan yang tak henti-hentinya itu membuatnya kaget. Walaupun demikian, Mujiyo merasa senang atas dukungan tersebut. Ia menerangkan, dukungan yang hadir bukan hanya di Facebook, melainkan di BBM dan pesan singkat.

“Aku juga sempat kaget dengan dukungan yang banyak ini tapi saya berterima kasih kepada semuanya,” tuturnya kepada Solidaritas.net, Rabu(2/12/2015)

Foto Mujiyo juga digunakan sebagai foto profil Facebook.

“Ada juga yang memasang foto saya sebagai foto profil,” tambahnya.

Seperti diketahui, Mujiyo dkk dikenai PHK oleh PT Hi-Tech Ink karena memperselisihkan status hubungan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) yang dinilai tidak sesuai dengan ketentuan UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Pasal 59 dan Peraturan Menteri Tenagakerja No.100/MEN/VI/2004 tentang Ketentuan Pelaksanaan PKWT. Per 23 November 2015 kelimanya diperintahkan untuk mencopot seragam, mencoret nama PT Hi-Tech Ink Indonesia yang tertera pada seragam dan segera mengembalikannya.

Komite Persatuan Rakyat (KPR) melakukan aksi solidaritas pada 1 Desember 2015 lalu, di depan pabrik PT Hi-Tech Ink. Mereka mengecam kebijakan perusahaan yang melakukan PHK secara sewenang-wenang.

Berikut foto-foto dukungan untuk Mujiyo yang dihimpun oleh Solidaritas.net:

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close