Solidaritas.net Luncurkan Program Magang Mahasiswa

Category: Uncategorized 21 0

Solidaritas.net, Cikarang – Solidaritas.net meluncurkan program magang mahasiswa yang bekerjasama dengan Pusat Perjuangan Mahasiswa untuk Pembebasan Nasional (Pembebasan). Kesepakatan kerja sama ini ditandatangani oleh Ketua Umum Pembebasan Arie Lamondjong dan Koordinator Komunitas Solidaritas.net Sarinah di sela-sela acara Pelatihan Jurnalistik, di Media Center Solidaritas.net, Cikarang, Minggu (3/11/2014).

program magang mahasiswa
Penandatanganan program kerja sama magang mahasiswa antara Solidaritas.net dan Pembebasan.

Rencananya, Solidaritas.net akan menyeleksi mahasiswa anggota Pembebasan untuk dipilih mengikuti program pemagangan di Media Center Solidaritas.net.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan tindakan mahasiswa agar berpihak pada kepentingan kelas pekerja. Setelah lulus, mahasiswa juga akan menjadi buruh,” kata Sarinah.

Oleh sebab itu, mahasiswa seharusnya mengetahui persoalan perburuhan, seperti masalah buruh outsourcing, kontrak, dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Program kerjasama ini akan sangat bermamfaat untuk memajukan kesadaran mahasiswa, agar jelas pijakan pengetahuan yang didapatkan di ruang kelas. Hal ini bermanfaat untuk mewujudkan kesejahteraan buruh dan mahasiswa itu sendiri. Mahasiswa sudah harus turun dari menara gading intelektualnya, agar ilmu yang dipelajarinya dapat bermanfaat untuk buruh, bukan malah menyengsarakan kaum buruh. Sudah cukup para manajer-manajer perusahaan yang sarjana itu mempraktekan ilmunya untuk menindas kaum buruh”, tutur Arie.

Di berbagai daerah, Pembebasan sudah menunjukan komitmen perjuangannya dengan cara terlibat langsung dalam perjuangan rakyat dan mengadvokasi persoalan rakyat. Misalnya, di Makassar Pembebasan terlibat dalam advokasi penggusuran rakyat Pandang Raya. Pembebasan Jogja juga mengirimkan empat anggota selama seminggu untuk membantu persiapan Mayday 2014 di Gabungan Solidaritas Perjuangan Buruh (GSPB).

Program Magang Mahasiswa akan di mulai pada tanggal 1 Desember 2014 sampai 1 Maret 2015. Syarat dan ketentuannya dapat di lihat di http://solidaritas.net/magang-solidaritas. Ke depannya diharapkan dapat diperluas untuk mahasiswa secara umum.

Selain Program Magang Mahasiswa, Solidaritas.net menandatangi kerja sama dengan perwakilan buruh Adidas Wiji Santosa untuk membuat website perjuangan.

“Pihak kami membantu pembuatan, pengoperasian dan pelatihan website selama satu tahun kepada Aliansi Buruh Adidas,” kata Sarinah.

Website ini adalah suaraburuhadidas.org yang isinya mengenai perjuangan buruh Adidas di seluruh Indonesia dalam memperjuangkan hak-haknya, termasuk buruh PT Panarub Dwikarya Benoa yang telah berjuang melawan PHK sepihak selama dua tahun terakhir.

“Website ini untuk mendokumentasikan perjuangan kami selama dua tahun terakhir dan memberikan inspirasi kepada buruh Adidas dan manapun untuk berjuang bersama,” kata Wiji Santosa.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close