Rangkuman Aksi Hari Pertama Mogok Nasional di Berbagai Daerah

Category: Uncategorized 12 0

Solidaritas.net – Pada 24 November 2015 adalah hari pertama dilakukannya aksi “mogok nasional” oleh buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Indoesia (GBI). Dalam menjalankan maupun mendukung mogok nasional pada hari pertama itu, buruh melakukan mogok maupun unjuk rasa.

Bandung

Sebagai bentuk dukungan aksi mogok nasional, ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Persatuan Perjuangan Buruh Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (FPPB KASBI) Bandung Raya berunjuk rasa di depan Gedung Sate, Jalan Dipenogoro, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

massa kasbi demo di gedung sate
Massa KASBI berdemo di depan Gedung Sate, Bandung, 24 November 2015. Kredit: @sellaciwek.sellaciwek

Karanganyar

Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Kabupaten Karanganyar, tidak mengikuti aksi mogok nasional menuntut pencabutan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Alasannya, buruh sudah melakukan aksi demonstrasi beberapa waktu lalu seusai pembahasan upah minimum kabupaten (UMK) Karanganyar.

“Kami kan sudah melakukan aksi ke DPRD Kabupaten Karanganyar, DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan Gubernur terkait pencabutan PP Nomor 78 Tahun 2015. Meski tidak melakukan mogok kami mendukung sikap buruh ,” kata Ketua DPD KSPN Kabupaten Karanganyar, Haryanto, dikutip dari Timlo.net.

demo buruh karanganyar
Demo buruh anggota SPN Karanganyar. Kredit: dok.timlo.net/nanang rahadian.

Depok

Ribuan massa gabungan serikat buruh se-Kota Depok, Jawa Barat, melakukan konvoi menuju beberapa titik perusahaan. Selain menuntut dihapuskannya PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, mereka juga mendesak Pemkot Depok untuk menyetujui UMK Depok tahun 2016 sebesar Rp 3.503.000.

demo buruh depok
Konvoi buruh Depok merespon mogok nasional 24 November 2015. Kredit: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso.

Jakarta 

Selama 15 menit ratusan massa buruh di Kawasan Berikat Nusantara (KBN), memblokir Jalan Raya Cakung yang menuju Jalan Raya Cilincing, Jakarta Utara. Kemudian aksi blokir jalan itu berhenti karena pihak kepolisian dari Polres Jakarta Utara menggiring buruh masuk ke dalam kawasan KBN.

di dalam kawasan, buruh kembali memblokir akses jalan masuk ke pabrik-pabrik yang ada di dalam KBN. Namun setelah mendapat imbauan dari Kapolres Jakarta Utara Kombes Susetio Cahyadi, buruh bersedia melanjutkan aksi di lapangan yang ada di wilayah KBN.

Ratusan buruh dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia juga berdemonstrasi di depan Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Batam

Ribuan buruh dari berbagai serikat melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Walikota Batam yang dimulai dari pukul 14.30, Selasa (24/11/2015). Mereka datang dengan berjalan kaki dari sejumlah kawasan industri. Seperti yang terlihat dalam jalan kaki dari arah Kepri Mall menuju Kantor Walikota Batam, Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Buruh dari FSPMI, SPSI, dan SBSI ini melakukan aksi di depan kantor Walikota Batam. Sebagian buruh yang memilih bertahan dengan duduk-duduk di taman, serta parkiran DPRD Batam. Belum lagi sempat bermalam, pihak kepolisian langsung mengusir mereka untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Demo buruh Batam
Demo buruh Batam. Kredit: Tribun Batam/Alvin.

Cirebon

Ratusan anggota serikat buruh dan serikat pekerja yang tergabung dalam FSPMI, SBSI, SPN, SPHS, SPIN, dan FSP ISI menggelar unjuk rasa di depan Kantor Bupati Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat. Massa yang menamakan diri Aliansi Buruh Cirebon itu, menyuarakan empat tuntutan yang harus dipenuhi pemerintah.

Pertama, cabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Kedua, cabut SK UMK No.561/Kep.1322-Bansos/2015. Ketiga, tolak formulasi kenaikan upah minimum hanya sebesar inflasi+pertumbuhan ekonomi. Keempat, tetapkan kenaikan UMK Cirebon tahun 2016 sebesar Rp 500 ribu atau naik 40 persen, serta berlakukan ketentuan upah minimum sktoral di atas nilai upah minimum.

demo buruh cirebon
Ratusan anggota serikat buruh dan serikat pekerja mengepung Kantor Bupati Cirebon, sebagai bentuk solidaritas aksi unjuk rasa dan mogok nasional menuntut penghapusan PP Pengupahan, Selasa (24/11). Kredit: fajarnews.com.

Purwakarta

Ribuan buruh Purwakarta, Jawa Barat melakukan aksi mogok nasional dengan memblokir jalan yang menuju kawasan industri Kota Bukit Indah Purwakarta, Selasa (24/11/2015). Mereka memarkir kendaraan dan berorasi di jalan, serta berkonvoi mengajak buruh yang masih bekerja terlibat dalam pemogokan.

“Kami meminta Bapak Jokowi-JK agar mencabut kembali PP Nomor 78 tahun 2015, karena jika peraturan itu sangat tidak berpihak kepada kami, serta akan menyengsarakan kaum buruh,” kata salah seorang pengunjuk rasa, Ade Sofyani, dalam orasinya, dilansir dari Merdeka.com.

demo buruh purwakarta tolak pp pengupahan
Demo buruh di Purwakarta. ©2015 merdeka.com/bram salam

Kabupaten Bogor

Buruh melakukan aksi konvoi motor di Simpang Alternatif Sentul, Kabupaten Bogor. Banyaknya massa membuat jalan terblokade sehingga arus lalu lintas macet panjang, Selasa (24/11/2015).

demo buruh bogor
Konvoi buruh Bogor di Simpang Sentul, tolak PP Pengupahan, 24 Oktober 2015.

Tangerang

Puluhan ribu buruh melakukan aksi mogok nasional kawasan industri Jatake, Tangerang, Banten, Selasa (24/11/2015). Akibatnya, proses pengiriman barang terganggu. Meskin demikian, masih banyak pabrik yang berproduksi.

buruh tangerang jatake mogok nasional
Massa buruh Tangerang di Kawasan Industri Jatake, 24 November 2015. Kredit: Taufik S.

Karawang

Di Karawang, Komite Persatuan Rakyat (KPR) dan Gerakan Buruh Indonesia melakukan aksi di kawasan-kawasan industri dengan cara berkonvoi, menutup jalan kawasan dan sweeping pabrik. Sebagian besar serikat yang tergabung dalam GBI yang sebelumnya berkomitmen mogok nasional tidak berhasil menghentikan proses produksi sebagian besar pabrik. Sementara, KPR tetap pada agenda awal melakukan aksi perlawanan umum.

massa kpr sweeping pabrik
Massa PPMI-KPR melakukan aksi sweeping di salah satu pabrik.

Salah satu pabrik di kawasan Indotaisei, PT. Honda Precision Part Manufacturing (HPPM) berhasil mengeluarkan ribuan anggota turun ke jalan sehingga jalanan berubah menjadi “lautan” manusia berseragam putih.

mogok kawasan indotaisei cikampek
Arak-arakan buruh Honda di kawasan Indotaisei Karawang. Sumber: Nursan.

Kota Bekasi 

Massa yang tergabung dalam Forum Buruh Kota Bekasi (FBKB) dan Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI)-Komite Persatuan Rakyat (KPR) bergerak melintasi jalan Ahmad Yani menuju kantor Walikota Bekasi. Massa Gabungan Solidaritas Perjuangan Buruh (GSPB) terlihat melakukan konvoi menuju tempat yang sama melintasi Jalan Pondok Ungu, Medan Satria.

Berbagai serikat terlihat menyatu dalam aksi ini, di antaranya ada Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), GSPB dan Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (FSBDSI).

konvoi buruh bekasi kota tolak pp pengupahan
Konvoi buruh PPMI-KPR dan FBKB menunju kantor Walikota.

Kabupaten Bekasi

Sayangnya, buruh di kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, Kabupaten Bekasi, tidak mampu memusatkan massa untuk melakukan aksi penutupan jalan, konvoi, apalagi sweeping pabrik. Aparat keamanan dan ormas menghalau buruh untuk masuk ke pabrik masing-masing. Setiap ada tindakan pengumpulan massa, aparat segera membubarkannya, termasuk pembubaran massa buruh di kawasan Hyundai, Cikarang. Seorang anggota polisi bahkan menampar seorang buruh anggota FSPMI. (Baca: Hari Pertama Mogok Nasional, Buruh FSPMI Ditampar Polisi)

Kekecewaan buruh Bekasi semakin besar, karena banyak pabrik-pabrik besar, tempat bekerja pengurus-pengurus mereka, justru tidak menghentikan proses produksi. (Baca: Hari Pertama Mogok Nasional, Buruh Bekasi Kecewa)

Medan

Dilansir dari Antaranews, unjuk rasa yang dilakukan 3.000 buruh dari Belawan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang ke kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro Medan, Selasa, menimbulkan kemacetan arus lalu lintas sejumlah jalan protokol di kota itu. Pemantauan Antara di Medan, jalan yang mengalami kemacetan itu, yakni Jalan Sudirman, Jalan Diponegoro, Jalan Pemuda, Jalan Palang Merah, Jalan Ahmad Yani, Jalan Raden Saleh dan beberapa jalan lainnya.

buruh medan demo 24 november
Demonstrasi buruh di Medan, 24 November 2015. Kredit: Antaranews.com.

Surabaya

Buruh menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo. Pantauan Metrotvnews.com, jalur lalu lintas terlihat padat sejak pukul 13.00 WIB. Arus lalu lintas dari arah Jalan Polisi Istimewa menuju Mal Tunjungan Plaza mulai macet. Antrean kendaraan sampai Jalan Raya Darmo dan Jalan Basuki Rahmat. Jalan tersebut mulai dipadati buruh yang hendak menggelar aksi demontrasi di Gedung Negara Grahadi hingga pukul 17.00 WIB.

aksi buruh di gedung grahadi surabaya
Buruh menggelar aksi di depan Gedung Negara Grahadi, Selasa (24/11). Mereka menolak penetapan UMK 2016. Kredit: beritametro.co.id.
Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close