Perjuangkan Nasib, Buruh Jalan Kaki 2.000 Km

Category: Uncategorized 11 0

Medan – Ratusan buruh di Pelabuhan Belawan berencana mendatangi Istana Negara, Jakarta. Mereka akan berjalan kaki atau long march untuk mengadukan nasibnya kepada Presiden Joko Widodo.

Ilustrasi jalan kaki. Foto: binadesa.org

Aksi long March dimulai hari Jumat (20/1/2017) dari Kantor Pelindo I, Jalan Krakatau, Medan dengan dilepas oleh keluarga dan kerabatnya. Diperkirakan jarak tempuh sejauh 2.000 km dengan memakan waktu satu bulan.

Berbagai kebutuhan perjalanan telah dipersiapkan dengan matang. Selain perbekalan, mereka juga menyiapkan mobil komando dan ambulans.

Koordinator Long March April Waruwu menjelaskan mereka sudah pernah melakukan aksi unjuk rasa dengan tuntutan serupa di depan Kantor Pelindo I, namun tidak mendapatkan tanggapan sama sekali.

“Mulai 2 Januari sampai 12 Januari (2017) kami melakukan aksi di depan PT. Pelindo I (Belawan) namun tak satupun dari pihak manajemen PT. Pelindo I menemui kami, bahkan melarang kami di situ, kami ambil sikap kami adakan long march dari Medan ke Jakarta untuk menemui Bapak Presiden minta diangkat menjadi karyawan tetap, Pelindo II sudah berhasil, Pelindo III juga sudah berhasil, tapi mereka tidak melakukan aksi long march seperti ini,” ujar April, seperti yang dilansir Riauterkini.com.

Terkait dengan tuntutan mereka, buruh merasa diperlakukan tidak adil oleh PT Pelindo I. Diketahui PT Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo I merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kepelabuhan.

Sejak belasan tahun bekerja, mereka belum juga diangkat menjadi karyawan, bahkan dipindahkan menjadi tenaga outscourcing. Selain itu, mereka juga menuntut hak yang tidak diberikan oleh PT Pelindo I.

“Kami meminta kelebihan jam kerja selama seminggu ada yang 12 jam, ada yang 24 jam itu tidak dibayarkan, padahal jam kerja selama seminggu itu kan 40 jam, jadi kelebihannya itu harusnya dihitung lembur ini tidak pernah dibayarkan oleh perusahaan kami,” ujarnya.

Sampai hari ini terhitung sudah dua Provinsi dilewati dengan jarak sepanjang 600 km sejak berangkat dari Medan, Sumatra Utara.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close