Pelatihan Jurnalistik Untuk Buruh

Category: Uncategorized 11 0

Solidaritas.net, Jakarta- Trade Union Rights Centre (TURC), Solidaritas.net dan Buruhonline.com mengadakan kegiatan pelatihan jurnalistik untuk buruh se Jawa Barat selama 3 hari berturut-turut yaitu pada 17-19 Maret 2015 di Hotel Bunga-Bunga, Jakarta

pelatihan jurnalistik buruh
Para peserta pelatihan jurnalistik buruh, Jakarta, 17-19 April 2015.

Pelatihan jurnalistik tersebut dihadiri oleh 30 peserta, baik dari kalangan buruh se Jawa Barat dan pihak media sebagai penyelenggara. Buruh-buruh yang hadir berasal dari serikat berbeda-beda seperti Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Karawang, Ikatan Serikat Buruh Indonesia (ISBI), FSPILN, GSPB, GSBI, FBSB, FSPBI, SBMI, FSBDSI, SPSI Bekasi, KPPSB, SPMI, GSPB, SP KEP Jatim, dan PUSTARA.

Tidak hanya itu, hadir pula Luviana dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) sebagai pemateri dalam kegiatan ini. Luviana adalah mantan wartawan Metro TV yang dibebastugaskan (31/1/2012) dan di-PHK (27/6/2012) karena menuntut perbaikan normatif di Metro TV.

Pelatihan jurnalistik adalah kegiatan untuk melatih kemampuan buruh dalam menulis dan melaporkan kejadian sehari-hari untuk meluruskan pemberitaan negatif yang kerap muncul di media arus utama

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini mampu menciptakan buruh-buruh yang memiliki kemampuan menulis dan melaporkan kejadian sehari-sehari untuk meluruskan berbagai pemberitaan negatif yang kerap muncul di media mainstreamn,” kata ketua perkumpulan Solidaritas.net, Sarinah.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh direktur TURC itu memberikan beberapa materi terkait jurnalistik. Seperti teori dan sejarah jurnalisme yang dibawakan oleh Luviana.

“Fungsi media sejak tahun1920 sampai 1998 adalah sebagai alat perjuangan, hiburan, pendidikan dan sosial. Di zaman sebelum kemerdekaan media digunakan oleh pahlawan untuk memberikan pemahaman perlawanan terhadap penjajah kolonial,” kata Luviana saat membawakan materi, dikutip dari BuruhOnline.com.

Adapula materi cara menulis berita yang dibawakan oleh Imam Hadi dari HukumOnline.com, praktek meliput persidangan yang dibawakan oleh Muhammad Hafidz dari buruhonline.com dan cara membuat blog serta website yang dibawakan oleh Sarinah.

Peranan media memang begitu penting dalam mendukung perjuangan buruh yaitu sebagai alternatif untuk memberitakan secara gamblang dan akurat setiap perjuangan buruh mulai dari pabrik hingga politik. Bukan sebatas media yang menyajikan hiburan-hiburan dimana hiburan tersebut justru jauh dari realitas seperti kehidupan buruh kontrak, PHK, pemberangusan serikat buruh, pesangon tidak dibayar dll.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close