Mahasiswa Aksi Boikot Sari Roti

Category: Uncategorized 10 0

Solidaritas.net, Yogyakarta – Gerakan boikot Sari Roti sebagai solidaritas terhadap 633 buruh PT Nippon Sari Corpindo Tbk yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak, terus berlanjut.

Kali ini dukungan datang dari kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Pusat Perjuangan Mahasiswa untuk Pembebasan Nasional (Pembebasan).

Pembebasan Yogyakarta melakukan aksi lilin di depan gedung Istana Keraton Yogyakarta, Sabtu (19/04) malam lalu. Korlap aksi, Marta mengajak masyarakat luas untuk memboikot Sari Roti sebagai bentuk solidaritas terhadap 633 buruh yang di-PHK secara semena-mena.
“Kita bersolidaritas, dan kita membutuhkan lebih banyak massa luas untuk bersolidaritas,” katanya.
Tidak hanya itu, Pembebasan juga mengeluarkan seruan untuk memasang foto boikot Sari Roti sebagai foto profil Facebook, sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Ketua Umum Pembebasan, Ari Lamodjong di Facebooknya.
Rencananya, aksi solidaritas Pembebasan untuk memboikot Sari Roti akan terus berlanjut.

Selain melakukan PHK sepihak dan tidak membayarkan gaji buruh selama 11 bulan terakhir, pihak PT NIC Tbk juga melayangkan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Bandung kepada 633 buruhnya.

PT NIC Tbk juga melaporkan kampanye boikot Sari Roti sebagai tindakan pencemaran nama baik ke Polres Kabupaten Bekasi. Buruh Sari Roti yang nasibnya kini terkatung-katung, Taufik, harus menjalani pemeriksaan (BAP) di Polres Bekasi pada 18 Maret lalu dengan perkara dugaan pencemaran nama baik. (Rn)

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close