Jutaan Pekerja di Inggris Terancam Digantikan oleh Robot

Category: Luar Negeri 11 0

Inggris – Lebih dari 10 juta pekerja Inggris terancam digantikan oleh robot dalam waktu 15 tahun ke depan.

Foto: Pixabay.com

Sebuah laporan yang dipublikasikan oleh perusahaan konsultan PwC mengungkapkan ada 30 persen pekerjaan di Inggris yang berpotensi terancam oleh kecerdasan buatan.

Laporan tersebut memperkirakan bahwa penggunaan robot akan meningkatkan produktivitas dan menciptakan lapangan kerja baru, namun ternyata juga harus ada tindakan untuk mencegah melebarnya ketimpangan yang akan dihasilkan dari robot yang semakin sering digunakan untuk tugas-tugas berketerampilan rendah.

Dikutip dari TheGuardian.com, 24 Maret 2017, PwC mengatakan penggunaan robot berpotensi menggantikan 2,25 juta pekerja bidang grosir dan eceran sebagai sektor yang mempekerjakan paling banyak orang di Inggris, serta 1,2 juta pekerja bidang manufaktur, 1,1 juta pekerja bidang administrasi dan pelayanan, dan 950.000 dalam bidang transportasi dan penyimpanan.

Pendidikan, kesehatan dan pelayanan sosial adalah dua sektor yang dinilai terancam paling akhir oleh keberadaan robot karena sulit untuk diotomatisasi.

Menurut PwC, perempuan yang cenderung bekerja di sektor-sektor yang membutuhkan tingkat pendidikan dan keterampilan sosial yang lebih tinggi akan lebih kurang berisiko kehilangan pekerjaan daripada pria yang cenderung bekerja di sektor manufaktur dan transportasi.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close