Jalan Kaki dan Bersepeda Bagus untuk Kesehatan Mental Buruh

Category: Uncategorized 18 0

Solidaritas.net – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup, termasuk banyak minum air putih, hingga beristirahat dengan cukup dan sesekali berlibur untuk relaksasi. Selain itu, melakukan olahraga juga dapat membantu membuat tubuh tetap bugar, pikiran terus positif, dan jiwa selalu bersih, sehingga bisa bekerja dengan baik dan merasa nyaman.

naik sepeda
Foto ilustrasi: © Bersepeda. Pixabay.com (Kaz-19203)

Bagi para buruh yang selalu sibuk bekerja dengan banyak menguras tenaga dan pikiran, melakukan olahraga ringan bisa jadi pilihan. Misalnya, dengan jalan kaki atau bersepeda pada pagi atau sore di hari libur, atau ketika berangkat ke pabrik tempat bekerja. Sebuah penelitian baru telah menemukan fakta bahwa jalan kaki dan bersepeda ternyata bisa membantu menjaga kesehatan mental seseorang, selain juga memang bagus untuk tubuh.

“Menggenjot pedal sepeda saat pergi bekerja juga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Para pekerja yang sehari-hari berhenti membawa kendaraan bermotor saat pergi bekerja dan mulai berjalan kaki atau bersepeda akan berada pada risiko terkena stres yang jauh lebih rendah, serta mampu berkonsentrasi lebih baik saat melakukan pekerjaan,” ungkap sejumlah peneliti di Inggris, seperti dikutip dari website US News Health.

Hal ini sangat cocok dengan para buruh pabrik yang memang memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang depresi. Target pekerjaan yang sangat tinggi, jadwal kerja yang padat sehingga harus sering lembur, hingga tekanan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga yang sangat besar, menjadi alasan para buruh pabrik lebih mudah mengalami depresi. Belum lagi dengan lokasi kerja yang masih banyak belum mendukung kesehatan kerja.

Hasil penelitian ini sendiri didapatkan setelah para peneliti melakukan analisis selama 18 tahun terhadap kompilasi data yang dikumpulkan dari hampir 18.000 pekerja di Inggris usia antara 18 sampai 65 tahun, yang menumpang kendaraan umum untuk pergi bekerja. Para peneliti ini juga mencatat bahwa pekerja yang menggunakan kendaraan umum saat pergi bekerja dapat mengakibatkan peningkatan kesejahteraan psikologis para pekerja tersebut.

“Salah satu temuan yang mengejutkan adalah pekerja yang menumpang kendaraan umum dilaporkan ternyata merasa lebih baik saat pergi bekerja dengan menumpang kendaraan umum, dibandingkan dengan para pekerja yang mengendarai sendiri kendaraannya,” jelas Adam Martin dari Norwich Medical School, University of East Anglia pula, yang merupakan ketua tim peneliti dalam penelitian yang telah dipublikasikan di Preventive Medicine itu.

“Anda mungkin berpikir bahwa hal-hal seperti gangguan pada layanan kendaraan umum atau kerumunan penumpang mungkin telah menjadi penyebab stres yang cukup besar. Tapi seperti bus atau kereta api juga memberikan orang waktu untuk bersantai, membaca, bersosialisasi, dan biasanya harus berjalan kaki terlebih dahulu menuju halte bus atau stasiun kereta api, yang ternyata bisa menghibur bagi para pekerja,” tambah Martin lagi.

Oleh karena itu, bagi para buruh pabrik mulailah untuk pergi bekerja dengan berjalan kaki atau bersepeda. Selain sehat dan dapat menjaga kesehatan mental, Anda juga bisa merelaksasi otak dengan melihat pemandangan dan orang-orang baru di sepanjang jalan, sehingga masalah pun bisa sedikit terlupakan dan mulai kerja lagi dengan lebih semangat.

***

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close