Ini Video Buruh Mandom Lenyap Ditelan Ledakan

Category: Media, Video 9 0

Solidaritas.net, Bekasi – 10 Juli 2015 pabrik PT Mandom yang berlokasi di Kawasan Industri MM 2100, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, terbakar. Insiden itu mengakibatkan 28 pekerja tewas dan 30 pekerja lainnya mengalami luka-luka bakar berat. Kemudian diketahui kebakaran disebabkan ledakan uap gas yang tersulut oleh elemen pemanas mesin dryer line 2 di ruang finishing.

Polda Metro Jaya telah menetapkan mantan GM PT mantan GM PT Iwatani Industrial Gas Indonesia dan AH, junior supervisor yang ditunjuk PT Iwatani untuk memasang pipa gas.

PT Iwatani Industrial Gas Indonesia adalah perusahaan yang disewa untuk mengganti flexi tube di PT Mandom. Dari delapan flexible tube yang terhubung dengan filling machine, hanya empat yang diganti baru, sedangkan empat lainnya adalah barang bekas pakai pindahan dari pabrik PT Mandom di Sunter Jakarta. (Baca juga: Buruh PT Mandom Indonesia Banyak Berstatus Magang)

Dilansir dari detikcom, polisi menetapkan ST sebagai tersangka karena memerintahkan penggantian tak sesuai permintaan perusahaan. Selain itu, tak ada laporan hasil pengecekan kebocoran dan tekanan flexible tube tersebut. AH pun ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan karena dianggap sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pemasangan instalasi pipa gas.

Sebenarnya, ledakan ini bisa dicegah jika saja bau gas yang sudah tercium seminggu sebelum ledakan dan bertambah kuat dua hari sebelum kejadian, diantisipasi.

https://web.facebook.com/solidaritasnews/videos/448638278665663/

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close