[Foto] Ilustrasi Ini Gambarkan Ketidakadilan

Category: Uncategorized 195 0

Solidaritas.net – Sudah kita ketahui bersama bahwa di dunia ini terdapat kesenjangan sosial yang amat tajam. Sebagian menganggap hal ini takdir, sebagian lainnya menganggap hal ini adalah produk sistem ekonomi kapitalisme yang menindas. Dengan argumentasi ilmiah, kami memilih percaya pada yang kedua.

Gambar-gambar ilustrasi di bawah ini menggambarkan ketidakadilan yang mengetuk pikiran kita tentang keharusan memperjuangkan masyarakat yang lebih adil dan setara.

1. Anak Apple dan Anak Sisa Makanan

anak apple

Dua anak dengan nasib yang berbeda jauh. Yang satu sejak bayi sudah mengakrabi gadget mahal: Apple, sedangkan yang satunya lagi, berbaju lusuh, sedang memunguti sisa-sisa makanan.

2. Anak Afrika Kehausan

 

anak afrika kehausan

Seorang anak Afrika kelaparan dan kehausan menengadahkan tangannya meminta air, sementara pria kulit putih dengan setelan jas memegang selang dan menutupnya. Di satu sisi, negeri-negeri kaya mampu menikmati kelimpahan makanan dan air bersih, sementara ada negeri-negeri miskin seperti Afrika yang kelaparan dan kesulitan air bersih. Beberapa waktu lalu, aktor Matt Damon menggunakan air toilet untuk melakukan Ice Bucket Challenge (tantangan menyiram kepala sendiri dengan air dingin). Alasannya, ia sedang menyoroti kelangkaan air bersih di negeri-negeri berkembang.

3. Penindasan itu Sistemik dari Atas sampai ke Paling Bawah

penindasan sistematis

Penindasan itu terjadi secara sistematis-struktural dari atas ke bawah. Kenyataan ini paling dirasakan oleh buruh pabrik (operator) yang merupakan lapisan terbawah dalam proses produksi, di atasanya ada leader, foreman, supervisor, sampai manajer HRD. Mereka semua menekan dari atas ke bawah, sampai ke paling bawah.

4. Perang Untungkan Kapitalis

perang untungkan kapitalis

Perang itu menguntungkan kapitalis hitam, apalagi jika berperang dalam konflik horizontal (suku, ras, agama, dan etnis). Tidak saja kapitalis lebih mudah memecah belah rakyat tertindas, tapi juga bisa menjual senjata. Siapa yang menghasilkan senjata, kalau bukan perusahaan senjata. Siapa yang diuntungkan, kalau bukan pemiliknya.

Foto: Funniest and Craziest Videos

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close