Cara Sederhana Tingkatkan Kesehatan Buruh

Category: Uncategorized 23 0

Solidaritas.net – Berbagai cara dilakukan oleh banyak orang untuk menjaga kesehatannya. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang cukup, hingga menjalani gaya hidup yang sehat dan berolahraga, memang dapat membantu meningkatkan kesehatan setiap orang. Memeriksa kesehatan secara rutin juga salah satu cara untuk menjaga kesehatan, agar segala penyakit yang bisa menyerang dapat dihindari sedini mungkin.

buruh pelabuhan istirahat
Kondisi buruh pelabuhan di tepi Jakarta yang sedang beristirahat di antara tumpukan barang, memprihatinkan (foto ilustrasi). © Tempo.co.

Begitu pula dengan para buruh pabrik yang banyak melakukan pekerjaan menguras tenaga, sehingga sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan buruh, demi kualitas hidupnya secara manusiawi. Namun, untuk melakukan semua cara-cara di atas, tentu tidaklah harus dengan segala sesuatu yang mahal. Malah, kebanyakan makanan mahal misalnya, ternyata tidak sehat dan dapat menyebabkan terjadinya sejumlah penyakit.

Selain dengan melakukan semua cara untuk menjaga kesehatan buruh di atas secara rutin dan teratur, juga ada cara-cara lain yang sangat sederhana dan bisa diterapkan para buruh pabrik dengan mudah dalam kehidupannya. Seperti yang dilansir oleh website US Health News, dengan menyeimbangkan antara kehidupan kerja dengan kehidupan pribadi ternyata juga dapat membantu meningkatkan kesehatan para pekerja, termasuk buruh pabrik.

Lalu bagaimana caranya untuk membentuk keseimbangan yang sehat antara tanggung jawab pekerjaan dengan kehidupan di rumah? Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan dengan mudaholeh para pekerja, termasuk buruh pabrik, yaitu sebagai berikut:

1. Setelah selesai bekerja, segeralah tinggalkan pekerjaan Anda dan pulang ke rumah untuk bersantai. Dengan begitu, Anda bisa lebih lama untuk menikmati kehidupan pribadi.

2. Usahakanlah untuk selalu fokus penuh pada satu hal dalam satu waktu, dan jangan biarkan pikiran Anda juga memikirkan tanggung jawab lain dalam waktu yang sama.

3. Sediakan waktu khusus di luar jam kerja Anda untuk melakukan hobi, kreativitas dan aktivitas fisik secara teratur, misalnya memancing, berorganisasi atau berolahraga ringan dan tentunya mengerjakan pekerjaan serikat.

4. Minta waktu kerja yang lebih fleksibel, ketika menghadapi dan harus menyelesaikan suatu masalah di rumah, sehingga pikiran tidak terbagi-bagi.

5. Hindari pekerjaan tambahan yang mungkin bisa menambah stres dalam hidup Anda, atau berbagi pekerjaan tersebut dengan rekan kerja.

(Baca selanjutnya di halaman 2)

Meskipun cara-cara yang dirangkum oleh The American Council on Exercise di atas tersebut sangat sederhana, namun akan menjadi sangat penting bagi setiap pekerja untuk mendapat kenyamanan dalam pekerjaan dan kehidupannya. Ketika kenyamanan hidup sudah dimiliki, maka secara tidak langsung juga akan berdampak positif terhadap kesehatan Anda sendiri. Begitu pula dengan para buruh pabrik, meskipun hidup susah tapi tetap bisa menikmatinya.

Bayangkan saja, misalnya jika seseorang, atau mungkin Anda pernah mengalami situasi yang membuat Anda terlalu memikirkan pekerjaan. Situasi itu pasti akan membebani Anda dan bisa membuat stres, hingga depresi. Bukan tidak mungkin masalah itu menyebabkan nafsu makan menjadi hilang, sehingga akhirnya tubuh jauh lebih mudah diserang penyakit. Oleh karena itu, para buruh pabrik juga perlu untuk menikmati kehidupan pribadinya!

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close