Buruh Konstruksi Ini Bantu Demonstran Hong Kong Bangun Barikade

Category: Uncategorized 17 0

Solidaritas.net, Hong Kong – Buruh ini benar-benar menunjukan bantuan dan keahliannya untuk gerakan demokrasi Hong Kong. Tak saja ikut serta dalam aksi pendudukan, buruh konstruksi bernama Eric Wu (37) membangun barikade bambu untuk menahan serangan polisi.

Ia berpengalaman membuat konstruksi dari bambu hingga setinggi 50 lantai. Pengalamannya itu digunakan untuk membuat konstruksi bambu selebar 20 meter dengan tinggi 30 meter untuk memblokir jalan yang letaknya tak jauh dari Markas Besar Kepolisian Hong Kong.

Ia mengarahkan para demonstran untuk mengikat tiang bambu dengan menggunakan pembungkus plastik. Bagi Eric Wu, demokrasi akan menciptakan keadaan yang lebih baik di Hong Kong.

“Ini saat-saat sulit, tak ada pekerjaan di bidang konstruksi,” kata Eric Wu, dikutip dari nytimes.com.

Selasa, 14 Oktober 2014, polisi membongkar barikade tersebut dengan alasan bambu-bambu barikade diasah tajam. Namun, para demonstran berusaha membangunnya kembali.

Bambu merupakan rangka konstruksi yang populer di Hong Kong karena sifatnya yang fleksibel dan kokoh. Cocok untuk lingkungan pesisir di mana angin kencang dan topan sering datang bertiup dari Laut Cina Selatan. Juga lebih ringan dan murah ketimbang baja.

Sam Tse yang seorang tukang listrik berusia 54 tahun, mengikuti demonstrasi pada hari Senin lalu untuk pertama kalinya. Ia mengakui dirinya tinggal di sebuah perumahan umum dan putus asa karena uangnya tidak cukup untuk membeli rumah sendiri di Hong Kong.

“Dulu sulit untuk mencari nafkah, tapi jika Anda bekerja keras, hidupmu bisa meningkat. Sekarang, walaupun Anda bekerja keras, hidupmu tetap mandeg,” katanya.

Angka pengangguran Hong Kong selama beberapa tahun terakhir berkisar 3,3 persen. Banyak kalangan kaum muda dan kurang berpendidikan yang menganggur. Pengangguran menjadi masalah umum bagi pekerja konstruksi. Kontraktor mengimpor bahan-bahan konstruksi setengah jadi yang tinggal pasang (knock-down) yang lebih murah dari pabrik-pabrik di Cina Daratan. Hal ini mengurangi penggunaan tenaga kerja dalam bidang konstruksi.

Ini foto-foto barikade bambu demonstrasi gerakan demokrasi di Hong Kong:

[RPG id=1144]

Kredit: Calling for International Support Democracy in Hong Kong, nytimes.com, dan Viola Wilkins

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close