Buruh Belajar Rakit Komputer Sendiri

Category: Uncategorized 15 0

Solidaritas.net, Cikarang – Solidaritas.net Media Center (SMC) mengadakan pelatihan merakit komputer pada hari Minggu, 26 Oktober 2014 lalu. 10 orang buruh berpartisipasi dalam kegiatan yang difasilitasi oleh Danial Indrakusuma ini.

buruh merakit komputer
Suasana pelatihan pelatihan merakit komputer Solidaritas.net Media Center (SMC), Minggu (26/11/2014)

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas buruh. Sudah tiga kali Solidaritas.net menyelenggarakan pelatihan terkait perangkat keras, yakni dua kali pelatihan merakit komputer dan satu kali pelatihan pemasangan jaringan,” kata Danial Indrakusuma.

Menurut Danial Indrakusuma, pelatihan ini juga bertujuan memberikan skill kepada buruh untuk berjaga-jaga jika suatu saat buruh terpaksa keluar dari pekerjaannya (PHK).

“Kalau buruh bisa merakit komputer sendiri, maka kemampuan komunikasi mereka juga akan meningkat. Mereka mampu mengadakan komputer dengan harga yang lebih murah atau sesuai dengan kemampuan keuangan buruh, karena dirakit sendiri,” lanjutnya lagi.

Dua unit komputer dibongkar dan dipisahkan komponen-komponennya. Motherboard, Processor, RAM, Hardisk, DVDRom dan Casing beserta Power Supply-nya bergeletakan di atas meja. Buruh belajar mengenali komponen komputer dan spesifikasinya, kemudian merakitnya sendiri.

“Saya baru tahu, bahwa ternyata kita tidak boleh asal menyambung soket doang, tapi harus punya pengetahuan spec, code dan kualitas part untuk merakit komputer ini,” kata Jaka, salah satu peserta yang masih bekerja di sebuah pabrik di kawasan Jababeka ini.

Peserta pelatihan dibagi menjadi dua kelompok di mana setiap kelompok diharuskan memasang kembali komponen-komponen komputer hingga menjadi komputer yang siap pakai.

Saiful merasa beruntung karena dapat mengikuti pelatihan ini karena jika mengikuti kursus di tempat lain, biayanya pasti mahal.

“Kalau ikut kursus itu sangat mahal. Tapi pelatihan ini luar biasa, gratis, mudah dicerna dan gampang diingat. Terima kasih buat Bung Danial yang mau mengajari kami,” katanya.

Lain lagi dengan Atang, seorang buruh yang bekerja di sebuah pabrik di kawasan Hyundai. Ia kagum melihat CPU (Central Processing Unit).

“CPU ini yang ternyata bisa mengendalikan dunia. Pelatihan ini bisa berguna untuk merakit komputer sendiri dan mungkin suatu saat nanti saya bisa membuka jasa service komputer,” kata Atang.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close