Memilih Kendaraan Bermotor yang Irit Bahan Bakar

Category: Blog 24 0

kendaraan bermotor

Kelas pekerja sangat akrab dengan kendaraan bermotor untuk menunjang aktivitas sehari-hari terutama ke tempat kerja di pabrik. Motor adalah kendaraan yang relatif terjangkau oleh buruh yang biasanya mereka beli secara kredit. Motor juga yang membuat perjalanan menjadi lebih cepat sampai karena mampu menembus kemacetan. Salah faktor penting dalam menentukan pilihan untuk membeli kendaraan bermotor adalah irit bahan bakar.

Sepeda motor paling irit BBM di Indonesia menjadi salah satu faktor yang menentukan motor mana yang akan kita beli demi menunjang aktivitas. Biasanya irit atau tidaknya suatu kendaraan bermotor kita berpatokan pada hasil klaim pabrikan dan hasil test ride dari berbagai pihak.

Hasil klaim pabrik dan test ride ini sebenarnya tidak berlaku mutlak. Artinya, apabila konsumsi bahan bakar minyak pada motor yang satu dengan motor lainnya belum tentu sama.

Borosnya penggunaan bahan bakar juga dapat disebabkan oleh kerusakan elemen-elemen motor. Maka, sebelum kita mengetahui daftar motor yang irit, ada baiknya mengenali yang menyebabkan motor mengonsumsi bahan bakar berlebihan dan bagaimana memperbaikinya.

Daftar Motor teririt

Hasil test ride di ajang otomotif Award 2016 merilis daftar motor teririt. Untuk mendapatkan angka konsumsi bensin yang mendekati kenyataan di lapangan, otomotif memperlakukan motor secara normal layaknya penggunaan harian.

1.Honda Revo FI
2.Yamaha Vega Force
3.New Honda Supra
4.Suzuki Satria F115 Young Star
5.Suzuki Shooter 115 FI
6.Honda Blade 125 FI
7.Honda Vario 125 eSP CBS ISS
8. Honda Vario 150 eSP
9.Yamaha New Fino 125 Blue Core
10.New Honda Scoopy eSP

Tips agar motor hemat bahan bakar

1.Servis karburator atau injektor

Tidak ada yang bisa menjamin kebersihan bahan bakar pada saat didistribusikan ke SPBU. Apabila bahan bakar tercampur dengan kotoran maka akan berimbas kepada pembakaran yang kurang baik. Cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya bisa dengan membersihkan spuyer atau saluran bensin dari kotoran serta mengatur ulang posisi pelampung dengan skrup udara.

Bila motor telah menggunakan peranti injektor yang disemprotkan ke ruang bakar. Bisa dengan mengatur atau setel ulang pompa bahan bakar, bersihkan peranti itu.

2.Stel ulang klep

Klep menjadi salah satu penyebab borosnya penggunaan bahan bakar sepeda motor. Jika klep motor bocor maka bensin akan terbuang sia-sia. Oleh karena itu atur perangkat tersebut dengan tepat, yakni jangan terlalu longgar dan sebaliknya terlalu rapat

3. Pastikan busi masih bagus

Busi juga memiliki peranan penting dalam menghemat bahan bakar.  Sebagai pemantik api yang digunakan dalam proses pembakaran, bila percikan api tidak sempurna, maka proses pembakaran juga tidak akan sempurna.

Motor akan mengalami pembakaran prematur. Banyak bahan bakar yang terbuang percuma alias lebih boros. maka sebaiknya ganti busi dengan yang baru.

4. Gaya berkendara yang tepat

Jalanan yang macet atau berhenti dan melanjutkan perjalanan akan memicu pengendara motor menginjak pedal rem dan menarik tuas gas dengan cepat agar tetap mendapat posisi yang nyaman di ruas jalan. Namun, hal itu akan menyebabkan semburan bahan bakar ke ruang bakar tidak akan stabil bahkan cenderung boros.

Sebarkan..
Tulisan yang dimuat pada kategori BLOG menjadi tanggung jawab penulis.

Related Articles

Add Comment

close