Bahayanya Asbestos bagi Kesehatan Pekerja

Category: Uncategorized 21 0
bahaya asbestos
Ilustrasi. Foto: thestar.com.

Solidaritas.net – Dilansir dari Wikipedia.org, asbestos (“asbes”) adalah sebuah grup mineral metamorfis berfiber. Nama ini berasal dari dari penggunaannya di lampu wick; karena tahan api dia telah digunakan dalam banyak aplikasi.

Bahayanya Asbestos bagi Kesehatan Pekerja tentunya perlu disadari sejak dini. Masalah kesehatan yang satu ini telah mendapatkan perhatian dari World Health Organization (WHO) selama bertahun-tahun dan sudah pasti akan terus memberikan masalah yang signifikan bagi banyak orang yang bekerja di lapangan. Mereka yang bekerja di lapangan dan berhubungan dengan pekerjaan pembangunan akan memiliki potensi besar untuk mengalami masalah yang satu ini. Menurut WHO sendiri ada sekitar 107.000 orang meninggal setiap tahunnya karena masalah tersebut.

Dilansir dari Medkes.com, paparan asbestos menyebabkan penyakit sebagai berikut:

  1. Plak pleura – penebalan jaringan tisu pada pleura (selaput) dari paru-paru.
  2. Asbestosis – terbentuknya jaringan tisu progresif di dalam paru-paru.
  3. Kanker paru-paru – dapat terjadi setelah satu dekade setelah terpapar asbes. Perokok dan pekerja bangunan adalah yang paling berisiko.
  4. Mesothelioma – jenis kanker yang mempengaruhi pleura. Ini dapat terjadi setelah satu dekade sejak terpapar asbes.

Dampak buruk dari paparan asbestos dirasakan setelah 20-30 tahun berlalu. Banyak negara-negara maju yang sudah melarang penggunaan asbestos, namun masih dihantui dampaknya hingga saat ini. Australia, sebagai contoh, kerap menggunakan asbes sebagai bahan konstruksi pada tahun 1945 sampai 1980, kemudian secara bertahap dikurangi hingga akhirnya dilarang sama sekali pada 31 Desember 2003. Namun, kekhawatiran terhadap resiko penggunaannya tetap dirasakan, khususnya di kalangan pekerja konstruksi rumahan. Radioaustralia.net.au menyebutkan ribuan orang Australia meninggal karena paparan asbestos.

Di Indonesia, penggunaan asbestos masih diizinkan dengan ambang batas untuk Amosit 2.0 f/ml, Krisotil 2.0 f/ml dan Krosidolit 0.2 f/ml. Pengganti asbestos yang lebih aman adalah fiberglass. 

 

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close