Bagikan Selebaran, 44 Aktivis KNPB Ditangkap Polisi

Category: Uncategorized 32 0

Jayapura – Polisi kembali menangkap 44 aktvis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Jayapura, Sabtu (13/8/2016). Sekitar pukul 11.00 WIT polisi menangkap 44 aktivis KNPB yang tengah membagikan selebaran aksi.

Ketua KNPB Numbay, Calvin Wenda saat melakukan
negosiasi dengan aparat saat dihadang sebelum
dibawa ke Polresta Jayapura. (Foto: Suarapapua.com)

Berikut nama-nama aktivis KNPB yang ditahan: Caky Kobak, Lanek endama, Obet Heluka, Janius Silak, Robert Yalimaken, Yusub Giban, Weko Kogoya, Imanuel PegKei, Berto Gobay, Eliatan Hisage, Alinus Kabak, Jakinus Balingga, Sony Mote, Yali Mulalo, Lakas Balingga, Julian Pekei, Martinus Giban, Yustinus Pigome.

Alex Boma, Heroni Mohi, Edison Kogoya, Hernes salak, Jek Mote, Itoni Pahabol, Keniel Lokon, Panus Lokon, Tanto Sorabut, Nias Balingga, Sibrit Suhunia, Alex Sambom, Timo balingga, Yali Bahabol, Hukum Bahabol, Asak Lintamon, Weang Halitnowe, Jilaus Bahabol, Ani Halitibo, Singhon Silak, Onsel Balingga, Yalihwe Balinggga, Yimy broway Ketua Satu KNPB numbay, Marten Sorabut.

Ketua KNPB Numbay, Calvin Wenda dan ketua diplomat Numbay, Saugas Goo selaku koordinator aksi juga ikut ditangkap. Mereka diamankan di Kapolresta Jayapura.

Penangkapan terhadap aktivis KNPB sudah berulang kali terjadi. Beberapa waktu lalu, menjelang aksi damai 15 Juni 2016, Kepolisian Resort Jayapura juga menangkapi aktivis yang tengah membagikan selebaran seruan aksi. Sebanyak 31 aktivis ditangkap pada 10 Juni 2016, kemudian 65 aktivis ditangkap di Jayapura dan Sentani, sedangkan 4 orang aktivis KNPB lainnya ditangkap di Nabire pada 13 Juni 2016.

Data dari GRPB menyebutkan, pada 2 Mei 2016 setidaknya ada 1795 orang aktivis dan massa rakyat diamankan saat menggelar aksi damai di beberapa Kabupaten dan Kota di tanah Papua. Aksi penangkapan kembali terjadi pada 28-30 Mei 2016, ada 75 orang diamankan polisi saat membagikan selebaran aksi damai yang akan digelar KNPB dan masyarakat Papua pada 31 Mei.

Sedangkan pada 31 Mei polisi memblokade massa rakyat Papua agar tidak berkumpul di satu titik aksi yang telah ditentukaan.  Setelah itu aparat melakukan penangkapan secara sewenang-wenang, ada 597 massa rakyat Papua dan aktivis KNPB diamankan, serta 7 aktivis mahasiswa Papua yang ada di Manado.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close