Waspada Penipuan Lowongan Kerja Berkedok Kantor dan Email Palsu

Category: Arsip 100 0

cari kerja susah

Solidaritas.net – Hari ini kami melihat iklan lowongan kerja dari PT Bridgestone Tire Indonesia untuk posisi Administrasi Produksi, Quality Control, Operator Produksi, dan Gudang. Iklan ini sangat menarik karena menyebutkan sejumlah fasilitas, di antaranya:

– Gaji Pokok UMR 3.600.000
– Uang Transport / Mes
– Catrine / Uang Makan
– Baju seragam
– Lembur Wajib 2 jam/hari
– Lembur Normative Sabtu-Minggu
– BPJS
– Premi Kehadiran
– Kontrak Awal 1 thn

Namun, setelah melihat alamat email, mulai terasa ada kejanggalan. Iklan tersebut meminta diposkan ke alamat email info@bridgestone-industry.com. Setelah kami cek, ternyata website resmi dari PT Bridgestone Tire Indonesia adalah www.bridgestone.co.id. Jadi, seharusnya email resminya menggunakan ekstensi bridgestone.co.id.

Apa bedanya emailnya ekstensi .com dan .id? Tentu sangat berbeda. Email ektensi .com dijual bebas dan bisa Anda beli dengan bebas hanya dengan harga Rp. 100 ribu saja beserta management DNS-nya. Berbekal management DNS domain .com, Anda bisa dengan mudah membuat email gratis di situs-situs email gratisan seperti Zoho.com.

Jika Anda membuka website www.bridgestone-industry.com, yang muncul hanya tampilan blank dengan file cgi-bin. Artinya, hosting websitenya belum diisi. Bandingkan dengan website tampilan prima website aslinya: www.bridgestone.co.id. Jelas sekali mana website yang abal-abal.

Sedangkan, ekstensi domain .id, apalagi .co.id, tidak dijual bebas. Layanan domain id dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informasi bersama sejumlah lembaga Nirlaba. Untuk membeli domain .co.id, syaratnya harus:

  1. KTP/SIM/Paspor (masih berlaku)
  2. SIUP/TDP/Akta Notaris (cover dan hal 1))/Surat Ijin yang Setara
  3. Kepemilikan Merk (bila ada)
  4. Surat Pernyataan (bila nama tidak sesuai dengan nama perusahaan)

Pengalaman kami membeli ekstensi domain solidaritasnet.or.id, harus menyerahkan: KTP, Akta Notaris dan AD/ART. Jadi, tidak bisa sembarangan membeli domain ini.

Lagipula, alamat asli dari PT Bridgestone Tire Indonesia adalah Jl. Raya Bekasi km. 27, Blok F No 27 Kel. Harapan jaya, Kec. Bekasi utara Kab. Bekasi – 17124.

Dan ternyata, sudah banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan-perusahaan terkenal dengan alamat pos: Gedung Cimaco, Jl. Dewi Sartika, Cawang, Jakarta. 

Silahkan dicek di thread Kaskus ini:  Jangan Tertipu dengan Lowongan dari PT Mitra Utama Global

Ujung-ujungnya para penipu ini akan minta bayar.

lokerpalsuloker palsu
Screenshot loker palsu.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close