Tolak PP Pengupahan, KASBI Karawang Aksi Konvoi

Category: Arsip 18 0
aksi konvoi kasbi tolak pp pengupahan
Anggota KASBI berfoto bersama sebelum memulai aksi konvoi, 19 Oktober 2015. Foto: Imran.

Solidaritas.net, Karawang – Sebagai bentuk penolakan terhadap PP Pengupahan yang belum lama ini disahkan pemerintah, KASBI Kabupaten Karawang melakukan aksi konvoi dengan membagikan selebaran berisikan alasan penolakan PP Pengupahan. Aksi konvoi sebagai instruksi untuk KASBI seindonesia ini, pada tingkat SPA sendiri sudah dilakukan sejak Senin (19/10/2015), sedangkan pada tingkat federasi sudah dilakukan sejak dua minggu yang lalu.

Kepada Solidaritas.net, salah seorang anggota KASBI, Imran menjelaskan, aksi konvoi adalah aksi pra kondisi menjelang mogok daerah dan mogok nasional. Menurutnya buruh yang bekerja perusahaan pengemasan plastik PT Hasil Raya Industri ini, mogok nasional belum pasti sukses apabila mogok daerah belum terlaksana.

“Karena ada wacana mogok nasional kami harus melakukan pra kondisi, pemanasan. Mogok daerah menuju mogok nasional, kalau daerahnya saja belum siap, maka mogok nasional belum pasti sukses,” kata buruh yang bekerja di Karawang ini, Kamis (22/10/2015)

Dalam membagikan selebaran, Imran mengatakan, terkadang mereka memilih lampu merah maupun kawasan pabrik. Meskipun belum menetapkan waktu mogok nasional dan belum menyatakan sikap bergabung bersama serikat-serikat buruh lainnya yang merencanakan mogok nasional pada 24 Oktober mendatang, pembagian selebaran dilakukan di tempat strategis karena KASBI ingin mengajak seluruh elemen buruh bergabung dan melakukan aksi mogok daerah.

“Kami sadar kalau mogok daerah tidak mungkin hanya KASBI, makanya kami mengajak seluruh elemen buruh. Kami sangat hati hati kalau monas disusupi kepentingan lain,” tegas Imran.

Selain di Karawang, Anggota KASBI juga melakukan aksi serupa di Kabupaten Bekasi setiap hari Jumat.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close