Tips Cegah Radang Kulit Tangan Bagi Buruh Pabrik

Solidaritas.net – Bekerja di pabrik yang berhubungan langsung dengan bahan-bahan kimia dapat menyebabkan terjadinya berbagai penyakit berbahaya. Misalnya, bahan kimia tertentu, seperti benzena dan paparan radiasi ion dapat mengakibatkan leukemia (kanker darah) pada buruh pabrik. Selain itu, paparan bahan kimia juga bisa meningkatkan risiko jenis kanker lainnya, penyakit gagal ginjal, hingga menurunkan daya ingat dan kinerja otak.

radang kulit tangan
Radang kulit tangan. © mymerrymessylife.com

Satu lagi masalah kesehatan yang bisa disebabkan oleh bahan kimia adalah eksema (eksim) atau dermatitis. Jenis penyakit radang hebat ini bisa menyerang kulit tangan para buruh, jika terkena langsung paparan bahan kimia saat bekerja. Dikutip dari Wikipedia, beberapa hal yang dapat memperburuk kasus ini adalah pasir, debu, deterjen, sabun, busa sabun, parfum, klorin, hingga karena stres, gangguan emosi, serta sering digaruk dan digosok. (Baca lainnya: Tips Mengontrol Stres Akibat Kerja Bagi Buruh)

Pada kasus yang ringan, kulit tangan bisa menjadi kering dan pecah-pecah. Namun, jika kondisinya semakin parah, maka dapat menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit, hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Selain itu, suhu lingkungan yang ekstrem, seperti terlalu lembab atau udara kering, alergi makanan, dan melakukan kerja berat dengan tangan juga dapat memperburuk kondisi penyakit eksema. (Baca lainnya: Obesitas Sebabkan Daya Tahan Kerja Buruh Menurun)

Sebagai upaya pencegahan pertama, para buruh harus lebih waspada dan berhati-hati saat bekerja yang berhubungan langsung dengan bahan-bahan kimia. Dengan begitu, risiko terserang penyakit eksema ini bisa dihindari sebelum terjadi. Selain itu, juga ada banyak hal yang harus diperhatikan selama bekerja. Berikut tips dari The National Eczema Association untuk mencegah penyakit peradangan pada kulit tangan ini, seperti dilansir US Health News.

(Baca selanjutnya di halaman 2)

  1. Jika tangan Anda basah, gunakan sarung tangan kapas dan neoprene atau sarung tangan vinil, agar bisa menyerap air. Pastikan sarung tangan tersebut sering dicuci.
  2. Jika tangan Anda selalu kering, sarung tangan kerja dari bahan kain yang lembut atau kulit, sehingga tangan Anda tidak akan mengalami lecet selama melakukan pekerjaan.
  3. Hindari pembersih tangan industri yang mungkin memiliki kandungan bahan-bahan kimia keras. Bahan-bahan ini biasanya dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit tangan.
  4. Bawa pembersih tangan dengan bahan-bahan yang lembut saat bekerja. Bawa juga pelembab dan obat kulit sendiri, untuk mengantisipasi tidak tersedianya di lokasi kerja.
  5. Pastikan semua permukaan bahan-bahan dan alat-alat kerja sudah bersih sebelum melakukan pekerjaan. Selain itu, alat pelindung dan pakaian Anda juga harus
  6. Jika terjadi luka ringan pada tangan, segera lakukan perawatan pertama. Jika luka tersbeut tidak kunjung membaik, lakukan pemeriksaan dan perawatan pada dokter.

Semua tips di atas memang terdengar sepele. Namun, kebanyakan para buruh malah lupa dan sering kali mengabaikannya, terutama kebersihan di tempat kerja. Padahal, hal tersebut bisa semakin mempercepat terjadinya penyakit eksema setelah terpapar bahan-bahan kimia. Makanya, jagalah kebersihan tempat kerja dan pastikan diri Anda sudah menggunakan alat pelindung yang tepat untuk menghindari berbagai masalah kesehatan yang bisa terjadi. Rundingkan hal ini dengan pihak perusahaan yang harus bertanggungjawab terhadap keselamatan dan kesehatan buruh.

Sebarkan..

Tinggalkan Balasan