Solidaritas.net Luncurkan Program SMC

Solidaritas.net, Cikarang – Solidaritas.net meluncurkan program Solidaritas.net Media Center (SMC), Minggu (19/10/2014) di Ruko Roxy Plaza Blok S1 A No. 15 Jababeka 2, Cikarang. Kegiatan dihadiri oleh individu dan organisasi/serikat buruh seperti PPMI Karawang, FSPS, SPSI LEM Bekasi, SPRI, PPR, Pembebasan, GSPB, ISBI serta media buruhonline.com.

peluncuran kegiatan SMC.
Suasana peluncuran program Solidaritas.net Media Center (SMC). Kredit: Dwi

Koordinator program SMC, Sarinah mengatakan SMC adalah tempat yang menjadi pusat produksi konten perburuhan, konsultasi, pendidikan, konsolidasi dan advokasi perburuhan.

“Di tempat ini, kami menyediakan berbagai informasi perburuhan, memberikan layanan obrolan dan konsultasi, pendidikan (jurnalistik, ekonomi politik dan advokasi), konsolidasi dan advokasi litigasi dan non litigas. Di sini juga disediakan komputer dan akses internet gratis untuk para pengunjung,” kata Sarinah, di depan para undangan yang hadir.

Ia juga menuturkan sejarah media Solidaritas.net yang dibuat pertama kali pada Juli 2013 dengan platform blogspot. Solidaritas.net memberikan informasi alternatif tentang perburuhan dan mengampanyekan kasus-kasus perburuhan.

“Kenapa kami menyebut media ini alternatif, karena kami tidak seperti media besar yang memberitakan aksi-aksi buruh hanya tentang demo, bikin macet, anarkis dan semacamnya. Kami memberitakan aksi dan mogok buruh bisa timbul karena pelanggaran yang dilakukan oleh pengusaha. Publik harusnya tahu kenapa buruh melakukan aksi, itu karena pengusaha melakukan pelanggaran terhadap hak-hak normatif buruh,”jelasnya.

Muhammad Hafidz, perwakilan Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS), mengatakan pihaknya mendukung kegiatan Solidaritas.net.

“Kemenangan Solidaritas.net di seleksi Cipta Media Seluler (CMS) adalah hasil perkawanan kita selama ini. Dulu kita semua di sini menggalang dukungan di Facebook dan SMS untuk Solidaritas.net,” kata Hafidz.

Sementara, perwakilan Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Daeng Wahidin menyampaikan bahwa kegiatan Solidaritas.net sangat bermanfaat untuk kaum buruh.

“Kami sudah merasakan dulu kasus-kasus kami, seperti kasus PT Chang Shin dan kasus PT BPAS dikampanyekan oleh Solidaritas.net,” ucap Daeng.

Seorang buruh yang bekerja di salah satu pabrik di kawasan Jababeka, bernama Jaka, berharap Solidaritas.net akan memberikan lebih banyak pendidikan agar buruh menjadi mandiri.

“Sejak waktu Solidaritas.net masih ikut kompetisi hibah, saya sudah bilang ke kawan-kawan saya di pabrik kalau Solidaritas.net akan membantu kita dengan pendidikan-pendidikan, supaya kita punya pengetahuan kita sendiri, bisa berani dan mandiri mengadvokasi,” kata Jaka.

 

media center solidaritas.net
Solidaritas.net yang terletak di kawasan Jababeka 2 Cikarang

Apa saja kegiatan Solidaritas.net Media Center? Dapat diakses di laman ini:
http://solidaritas.net/smcenter

Sebarkan..

Tinggalkan Balasan