Sebastian Sempat Bilang "Itung-Itung Demo Terakhir…"

Solidaritas.net, Jakarta- May Day Fiesta Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dikejutkan dengan bola api yang meluncur dari atas atap VVIP stadion Gelora Bung Karno (GBK). Ternyata, bola api itu adalah orang yang melakukan aksi bakar diri dan melompat mengenai tiang panggung konser Ahmad Dhani dan hampir mengenai drummer Triad, Ikmal Tobing.

sebastian
Sebastian dalam May Day Fiesta 2015 di Stadion GBK.

Kemudian diketahui, korban bernama Sebastian Manuputty, seorang buruh yang bekerja di PT. Tirta Alam Segar (PT TAS) yang juga anggota SPAI FSPMI Bekasi. Ia warga Pekayon, Bekasi kota yang turut sebagai peserta May Day Fiesta tersebut.

Sebagaimana dilansir dari kronologis yang disebarkan oleh anggota DPRD Kab Bekasi Nyumarno, PUK SPAI FSPMI PT TAS berangkat dengan lima armada bus menuju Jakarta. Sebastian sendiri berada di rombongan Bus nomor 4. Saat itu Sebastian sempat bercanda dan berkata:

“itung-itung demo terakhir bareng anak packaging,”

Bus yang ditumpangi Sebastian sempat mogok sehingga bus melanjutkan perjalanan langsung menuju GBK, tidak mampir ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) seperti bus lainnya. Setibanya di GBK, Sebastian masuk GBK melalui pintu sektor 12 dan duduk di tribun bawah sektor 12. Saat itu tribun bawah masih sepi dan ia sempat berfoto bersama rekan-rekannya.

Sebastian mengenakan kaos yang berbeda dengan rekan-rekannya, yaitu kaos hitam bergambar bintang merah di bagian depan sedangkan rekan-rekan PUK SPAI FSPMI PT.TAS memakai kaos May Day PUK saat May Day.

Setelah itu Sebastian bertemu Wahyudi di tribun atas. Mereka berdua duduk sambil mengobrol dan Sebastian menitipkan barang-barang kepada Wahyudi agar disampaikan ke istrinya.

Pada pukul 16.25 WIB, Sebastian mengupload foto disertai caption di Facebook.

Selamat berjuang sahabat buruh !
“Semampu ku kan berbuat apapun agar anda, kita dan mereka bisa terbuka matanya, telinganya dan hatinya untuk KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA”

Ia merasa bahagia dengan aksi pengorbanannya ini.

status facebook sebastian
Status Sebastian sebelum membakar diri.

Tidak lama kemudian, sekitar 16.50 WIB, Sebastian bakar diri dan lompat dari atap GBK. Acara pun dihentikan, pihak Kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), mensterilkan lokasi dan melakukan penyisiran di atap GBK.

Pada pukul 19.30 WIB, pihak Kepolisian memberikan informasi bahwa ditemukan tas, botol air mineral bekas bensin dan barang lainnya milik korban. Semua barang dalam kondisi basah terkena air hujan, berbau siraman bensin dan di dalam tas terdapat bendera besar SPAI FSPMI PT TAS.

Sebarkan..

Tinggalkan Balasan