Rekrut Anggota, PEMBEBASAN Kota Palu Gelar Pendidikan Politik

Category: Arsip 61 0

Solidaritas.net – Untuk membekali para anggotanya, Pusat Perjuangan Mahasiswa untuk Pembebasan Nasional (PEMBEBASAN) Kolektif Kota Palu mengadakan Pendidikan Politik Dasar di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (4/6/2015). Kegiatan ini merupakan pembekalan pendidikan politik bagi para calon anggota baru mereka, sekaligus menjadi salah satu proses rekrutmen keanggotaan sebagai tenaga penggerak di organisasi kemahasiswaan tersebut.

diskusi pembebasan di IAIN Palu
Salah satu kegiatan Pembebasan dalam mengorganisir mahasiswa dengan menyelenggarakan diskusi di IAIN Palu, 29 Mei 2015. (Foto ilustrasi)

“Tujuannya untuk melakukan tahapan penyadaran pada massa atau mahasiswa. Penguatan teoritik, agar benar-benar sadar dengan ketimpangan yang terjadi dalam masyarakat kapitalis sekarang ini. Selanjutnya, perluasan basis, penambahan tenaga-tenaga penggerak baru sebagai syarat untuk suatu perubahan atau revolusi, menuju tatanan masyarakat yang baik,” ungkap Ketua PEMBEBASAN Kolektif Kota Palu, Muhammad Aras, Jumat (5/6/2015).

Sebanyak enam orang calon anggota baru, yang terdiri dari 5 laki-laki dan seorang perempuan, mengikuti pendidikan politik ini selama 4 hari hingga tanggal 7 Juni 2015 mendatang. Para pengurus PEMBEBASAN Kolektif Kota Palu yang menjadi pengisi acara dalam kegiatan ini, menyampaikan sejumlah materi, seperti filsafat, ekonomi politik, demokrasi kerakyatan, sejarah gerakan mahasiswa dan masyarakat Indonesia, neoliberalisme dan profil organisasi.

“Di akhir pendidikan politik hari Minggu, agenda pendidikan politik adalah orasi politik, untuk melatih tenaga penggerak baru dalam politik mobilisasi atau aksi massa,” tambah Aras lagi.

Dijelaskan oleh pria 21 tahun itu, para peserta yang berasal dari Universitas Tadulako dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu itu sebelumnya telah melalui tahapan-tahapan pendiskusian atau aksi berdasarkan penilaian dari para pengurus organisasi tersebut. Ke-6 peserta itu ditarik dari lima sel kerja basis diskusi di beberapa kampus, yang dianggap selama ini telah bersungguh-sungguh dan konsisten dalam menjalani aktifitas organisasi itu.

poster pendidikan pembebasan
Poster pendidikan Pembebasan Kota Palu.

Setelah dilihat secara teori dan praktek yang dilakukan oleh para peserta, akhirnya mereka pun memutuskan ke-6 peserta itu telah siap untuk mengikuti Pendidikan Politik Dasar. Jadi, PEMBEBASAN Kolektif Kota Palu benar-benar sangat selektif dalam melakukan rekrutmen anggotanya, bukan hanya sekadar melalui pengisian formulir anggota secara terbuka saja.

“Harapannya adalah lebih banyak lagi mahasiswa yang sadar akan ketertindasannya. Tidak apolitis, terlibat langsung dalam mengarahkan perjuangan pembebasan manusia,” pungkas mahasiswa yang masih terdaftar dan aktif di Universitas Tadulako itu menutup pembicaraan.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close