Polisi Bongkar Paksa Tenda Perjuangan Buruh Kalbe Farma

Solidaritas.net, Bekasi – Sekelompok polisi membubarkan dengan paksa tenda perjuangan buruh Kalbe Farma, Kamis (21/11) yang berlokasi di kawasan East Jakarta Industrial Park (EJIP), Cikarang, Bekasi.

Polisi beralasan tenda buruh mengganggu ketertiban umum, karena terletak di sebelah timur yang menjadi akses keluar masuk perusahaan Kalbe Farma.
Buruh diseret keluar dari tenda. Polisi juga mengambil ponsel dan menghapus video rekaman kejadian tersebut.
“Tenda barat masih utuh tapi tenda sebelah Timur akses keluar masuk Kalbe farma tidak boleh ada Tenda!” kata salah seorang pengurus Rumah Buruh, Wowo. Perusahaan Kalbe Farma memang terletak tak jauh dari Rumah Buruh.
Buruh tetap melanjutkan aksi pendirian tenda di pintu sebelah barat perusahaan. Buruh Kalbe Farma telah melancarkan perlawanan sejak September lalu. Mereka menuntut pembayaran upah sesuai UMK 2013, hapus outsourcing, dan pemenuhan hak normatif lainnya.
Meski pernah mendapat represi saat aksi Kamis, 12 September lalu, buruh tidak berhenti menuntut hak-haknya yang dijamin dalam Undang-Undang hingga saat ini. Tuntutan pencopotan Kapolres Bekasi, Isnaini yang dianggap bertanggung jawab atas represi tersebut hingga kini juga belum terealisasi.
Nampaknya, buruh Kalbe Farma sangat memerlukan solidaritas dari buruh lainnya untuk memenangkan tuntutan tersebut. (Rn)

Sebarkan..

Satu Balasan pada “Polisi Bongkar Paksa Tenda Perjuangan Buruh Kalbe Farma”

Tinggalkan Balasan