LBH Jakarta: Reformasi Kepolisian Untuk Mendorong Pidana Perburuhan

Category: Arsip 23 0

Solidaritas.net, Jakarta- LBH Jakarta menggelar dialog publik di gedung LBH Jakarta Lantai 1 Jl. Diponegoro 74 Jakarta pada Senin (18/5/2015) dengan mengusung tema “Reformasi Kepolisian Untuk Mendorong Pidana Perburuhan”.

dialog lbh jakarta
Dialog LBH Jakarta menyoal reformasi kepolisian untuk pidana perburuhan. Foto: LBH Jakarta.

Dari beberapa foto-foto yang diposting akun twitter @LBH_Jakarta, para peserta yang hadir bisa terbilang banyak. Akun twitter @LBH_Jakarta juga berkicau tentang respon para buruh saat sedang berdialog. Bahkan dari tweet yang disampaikan, terlihat seorang buruh yang sedang geram terhadap penanganan masalah perburuhan yang dilakukan oleh aparat hukum, khususnya kepolisian.

@LBH_Jakarta, buruh bilang: “Kepolisian itu tidak bisa direformasi, lebih baik bubar saja”

Sedangkan LBH sendiri mentweet “dalam kasus Novel Baswedan, polisi luar biasa gesit. Tapi untuk kasus pidana perburuhan, sebaliknya. Padahal bukti lengkap dst. Juga dalam kasus kriminalisasi ataupun kasus KPK, polisi cepat. Tapi kalau untuk pidana yg dilaporkan buruh polisi sangat lamban,”

Selain itu, pada akun twitter @YouthProactive yang merupakan akun Generasi muda berintegritas dengan slogan pada profilnya Stand with us against corruption!| Youth Program Transparency International Indonesia. Nampak dari yang dituliskan pada twitternya, akun tersebut pun mendukung dialog publik ini.

“Youth, sekarang @LBH_Jakarta sedang melakukan diskusi publik mengenai reformasi kepolisian untuk mendorong pidana perburuhan. #policereform,”

Juga beberapa tweet lainnya yang menjelaskan pembahasan dalam dialog publik, beberapa tweet tersebut yaitu:

“Sayangnya ketika buruh melaporkan kasus pidana perburuhan yang dilakukan oleh pegusaha, buruh tersebut dapat dikriminalisasi oleh pengusaha nakal.”

“Buruh terus-menerus dirugikan atas pelanggaran yang dilakukan pengusaha-pengusaha nakal. It’s not fair.”

“Selama ini situasi penegakkan hukum perburuhan merupakan privatiasi kasus pidana sehingga kriminalisasi buruh sering dirasakan.”

“Bagaimana konsep perburuhan agar keadilan bagi buruh dapat tersalurkan? Jawabannya adalah lindungi hak-hak buruh.”

Akun @YouthProactive juga menuliskan beberapa materi yang diberikan kepada peserta dialog seperti penanganan pidana perburuhan yang dibawakan oleh Erny dari LBH Jakarta dan perwakilan dari @TIIndonesia dengan pemaparannya mengenai cara untuk mengefektifkan penanganan pidana perburuhan.

“Diskusi pertama oleh pihak LBH Erny mengenai pidana dalam UU ketenagakerjaan. #policereform,”

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close