Kiat Memompa ASI di Pabrik

Bagi buruh perempuan yang sudah ataupun baru menjadi seorang ibu dan kesehariannya disibukkan oleh berbagai aktivitas pekerjaan di pabrik, tentunya mengalami kendala waktu bahkan diharuskan untuk kerja ganda ketika usia anak masih balita atau masih menyusui.

Akan tetapi, sesibuk apapun aktivitas di pabrik usahakanlah untuk selalu memompa Air Susu Ibu (ASI) secara teratur supaya produksi ASI tak menurun. Oleh sebab itu, berikut kami wartakan beberapa kiat untuk mengatur waktu pompa ASI di pabrik:

1. Pikiran tenang dan rileks ialah kunci sukses memompa ASI. Salah satu alternatifnya adalah dengan melihat foto bayi ketika saat memompa, sehingga memudahkan untuk mengaktifkan hormon serotonin dan ASI pun mengalir dengan lancar.

2. Tetapkan jadwal rutin dan atur konsistensi waktu memompa, misalnya pukul 10.00-10.30, lalu pukul 12.00-13.00, dan terakhir sesaat sebelum pulang kerja sekitar pukul 16.30-17.00. Menerapkan jadwal rutin dan secara konsisten adalah salah satu cara agar mendapat refleks pengeluaran ASI yang optimal.

3. Sedapat mungkin ASI tetap dipompa seandainya jadwal yang sebelumnya sudah ditentukan terlewat, karena pengosongan payudara merupakan salah satu cara menjaga produksi ASI tetap lancar. Sedikit meleset dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya tidak akan terlalu memengaruhi asalkan jangan ditunggu sampai payudara bengkak.

Sebarkan..

Tinggalkan Balasan