Kesedihan Ayah Alan Kurdi

ayah aylan kurdi
Abdullah Kurdi, ayah dari Alan Kurdi. Foto: BBC.

Solidaritas.net – Nama Alan Kurdi langsung mendapat perhatian banyak orang di seluruh dunia, ketika kisah dan foto-fotonya beredar di internet. Namun, bocah berusia tiga tahun itu tidak akan pernah bisa melihat kisah dan foto-fotonya yang juga dimuat di media cetak dan tayang di televisi itu. Hanya ayahnyalah, Abdullah Kurdi yang bisa menyaksikannya, sambil meratapi ketiadaan anak bungsunya itu lagi, yang telah kembali kepada Tuhan.

Alan merupakan salah seorang korban kapal tenggelam kapal di Semenanjung Bodrum, Turki, Rabu (2/9/2015) dinihari. Kapal perahu karet yang ditumpangi oleh para pengungsi asal Suriah itu tiba-tiba diterjang ombak tinggi, tak lama setelah meninggalkan Turki menuju Pulau Kos, Yunani. Diceritakan Abdullah, kapten kapal itu pun terjun menceburkan diri ke laut dan berenang untuk menyelamatkan diri. Tak hanya satu, tapi dua kapal yang karam.

“Saya mencoba mengemudikan kapal tapi ombak tinggi mendorong kapal hingga terbalik. Itulah ketika kejadian berlangsung. Saya mencoba menangkap anak dan istri saya, namun tiada harapan. Satu persatu mereka meninggal,” ungkap Abdullah menceritakannya kepada wartawan, seperti dikutip oleh Solidaritas.net dari situs BBC Indonesia, Sabtu (12/9/2015).

Usai peristiwa itu, sekitar pukul 06.00 pagi waktu setempat, aparat keamanan Turki pun menemukan 12 jenazah, termasuk lima orang anak-anak, salah satunya adalah Alan yang ditemukan di tepi pantai dekat Bodrum. Foto sang bocah langsung beredar di sejumlah media dan jadi trending topic di seluruh dunia, yang memicu amarah publik internasional, sehingga mendesak Uni Eropa melakoni tindakan darurat untuk menampung para migran.

Sedang, Abdullah menjadi begitu emosional. Pasalnya, tak hanya Alan yang meninggal, tapi juga seorang putra tertuanya bernama Galip yang berusia lima tahun, dan isterinya, Rihan.

“Saya ingin duduk di sebelah makam keluarga saya dan menyembuhkan luka yang saya rasakan,” kata Abdullah lagi melanjutkan ceritanya yang sangat menyedihkan tersebut.

Seorang petugas rumah sakit menyebut jenazah keluarga Abdullah akan dibawa ke Istanbul, untuk dipulangkan ke Kobane melalui Suruc di dekat perbatasan Suriah. Mereka diyakini mengungsi dari Kobane ke Turki pada tahun lalu, untuk menghindari milisi kelompok ISIS.

alan kurdi patung
Seniman India Sudarsan Pattnaik membuat patung pasir gambaran Alan Kurdi yang mati tenggelam dan terdampar di pantai Turki. Foto: Getty Images/BBC.
Sebarkan..

Tinggalkan Balasan