Jelang Lebaran, Ratusan Buruh PPMI di Karawang Miliki Rumah Baru

Category: Arsip 20 0

Solidaritas.net, Karawang – Program perumahan buruh yang digagas oleh Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) DPC Kabupaten Karawang terus berlanjut. Pada tahun 2015 ini, serikat buruh tersebut melanjutkan program perumahan bagi buruh itu di wilayah Karawang Timur. Hasilnya, ratusan buruh sudah melakukan perjanjian jual beli untuk kepemilikan rumah itu. Tidak tertutup kemungkinan, jumlah tersebut akan terus bertambah selama tahun 2015 ini.

pembangunan perumahan PPMi
Pembangunan perumahan PPMI. Foto: Julian.

Untuk di wilayah Karawang Timur, program perumahan bagi kaum buruh ini dibangun di Perumahan Citra Swarna Grande. Sebagai peresmian, PPMI Karawang telah mengadakan perjanjian jual beli untuk kepemilikan rumah tersebut, antara para buruh dengan pihak pengembang perumahan, pada Kamis (25/6/2015). Pada tahap pertama tersebut, sekitar 110 orang buruh yang bekerja di sekitar wilayah itu telah melakukan perjanjian jual beli.

“Ada 110 orang yang akad kredit di Perumahan Citra Swarna Grande dan itu gelombang pertama yang akad, karena proyek perumahan yang terbaru di wilayah timur. Kamis, 25 Juni 2015 sebagai akad kredit perdana, dan ini mudah-mudahan sebagai hadiah mudik bagi teman-teman yang pulang kampung dari Residence Team PPMI,” terang Ketua Residence Team PPMI Karawang, Odin Liana, yang melaksanakan program itu, Minggu (28/6/2015).

PPMI Karawang sendiri memulai program perumahan buruh ini sejak tahun 2013. Saat itu, mereka membangun ratusan rumah untuk buruh di wilayah Karawang Tengah, tepatnya di Perumahan Citra Swarna Pratama. Pada bulan November 2013, perumahan itu pun sudah mulai dihuni para buruh. Kemudian, dilanjutkan akhir tahun 2014 di Perumahan Palumbon Asri untuk para buruh di wilayah Karawang Barat, hingga total berjumlah sekitar 500 unit.

“Jadi, semua anggota khususnya dan semua pekerja di Karawang sudah tercover semua. Contoh, wilayah barat disediakan di Perumahan Taman Palumbon Asri, di Karawang Tengah di Perumahan Citra Swarna Pratama, dan untuk wilayah timur disediakan di Perumahan Citra Swarna Grande,” lanjut pria yang akrab disapa Kang Odeg itu memberi penjelasan.

Menurut buruh yang juga aktif sebagai Kepala Bidang Diklat dan Pengkaderan PPA PPMI PT Supravisi Rama Optik MFG itu, rumah-rumah yang mereka fasilitasi bersama pengembang perumahan tersebut diperuntukkan bagi para anggota mereka, termasuk 110 buruh yang baru saja melakukan perjanjian jual beli rumah di Perumahan Citra Swarna Grande. Namun, juga tak menutup kesempatan bagi buruh dari serikat lain dengan mendaftar melalui PPMI.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close