Forum Bidan PTT Bergabung Bersama KASBI

logo kasbiSolidaritas.net, Bandung– Forum Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) deklarasikan diri bergabung bersama Konfederasi Nasional Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (15/4/2015) di aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Karawang.

Menurut Ketua Forum Bidan PTT Lilik Dian Ekasari permasalahan yang di alami oleh para Bidan PTT sama persis dengan permasalahan yang selama ini dihadapi oleh para karyawan perusahaan dimana mereka para bidan desa yang dalam kesehariannya berhadapan dan bertanggungjawab atas nyawa seseorang justru hanya digaji Rp1,4 juta per bulan.

Bahkan kontrak mereka yang lamanya 3 tahun diperpanjang 3 kali menjadi 9 tahun namun hal tersebut tidak mempengaruhi upah mereka.

Seperti yang dilansir Pembaruan, Lilik mengatakan “Kami dioutsourcingkan, kontrak kerja selama 3 tahun diperpanjang hingga sampai 9 tahun,bukannya diangkat menjadi pegawai tetap negara,malah diberhentikan,” ujarnya.

Menurutnya untuk memaksimalkan perjuangan dalam hal tuntutan status kerja harus dengan kekuatan massa yang banyak. Meskipun begitu Lilik juga menegaskan bahwa pilihan bergabung bersama KASBI bukan berdasarkan jumlah anggota KASBI yang terbilang banyak namun lebih kepada persamaan perjuangan melawan ketidakadilan.

Sedangkan menurut Ketua umum Konfederasi KASBI, Nining Elitos apabila karyawan perusahaan dapat diangkat menjadi karyawan tetap sebagaimana amanat UU Nomor 13 Tahun 2003, maka para bidan pun sebagai salah satu satu jenis pekerjaan yang merealisasikan program pemerintah sudah selayaknya mendapatkan haknya, menjadi pegawai tetap negara.

Baginya, untuk mewujudkan setiap tuntutan Forum Bidan PTT maka harus bisa bersama-sama gerakan lain berjuang untuk penghapusan sistem kerja kontrak dan outsourcing serta upah yang layak. Organisasi bidan ini harus tetap melakukan konsolidasi dan kampanye yang masif sehingga persoalan ini akan menjadi persoalan seluruh rakyat. Bidan di desa-desa bersentuhan dengan para petani baik pengobatan dan kelahiran. Para pedagang kecil, kaum buruh, nelayan di pesisir mesti dijelaskan apa permasalahan dan tuntutan dari Forum Bidan PTT ini. Ajak mereka untuk turut bersuara, bahwa rakyat membutuhkan bidan desa. Rakyat akan kehilangan bidan desa apabila tuntutannya tidak dipenuhi oleh negara.

“Forum Bidan PTT harus yakin jika setiap hal yang dilakukan pasti akan terpenuhi,” kata Nining Elitos

Sebarkan..

Tinggalkan Balasan