Facebook Naikkan Upah Pekerja Kontrak Rp 200 Ribu per Jam

Category: Arsip 36 0

Solidaritas.net, Amerika- Gaji karyawan kontrak facebook naik menjadi 15 dollar AS per jam atau hampir sama dengan Rp 200.000 per jam. Kenaikan gaji ini terjadi pada karyawan kontrak dengan jabatan pekerjaan terendah.

karyawan facebook
AP Photo/Jeff Chiu, File

Facebook mengambil kebijakan ini saat terjadi kesenjangan kesejahteraan pegawai elit di bagian teknologi dengan pekerja lain yang penghasilannya terbilang juah lebih rendah.

Dilansir dari Kompas.com, jabatan pekerjaan terendah yang dimaksudkan yaitu seperti petugas kafetaria atau kebersihan. Pegawai kontrak ini juga berhak mendapatkan minimal 15 hari cuti bergaji dan tunjangan anak 4.000 dollar AS bagi orangtua yang tidak mengambil cuti mengurus anak. Demikian kata CEO Facebook Sheryl Sandberg, dalam akun Facebook resminya pada Rabu (13/5/2015).

Kebijakan Facebook menaikkan gaji karyawan kontrak ini mengundang simpati dari Gedung Putih, serikat pekerja, dan kelompok keluarga.

“Korporasi Amerika Serikat sudah mulai memberlakukan kebijakan ini, yaitu dengan berkomitmen untuk tidak menggaji karyawannya dengan rendah dan tidak memaksa para pekerja untuk memilih antara pekerjaan atau keluarga,” kata Debra Ness, Kepala Lembaga National Partnership for Women and Families, dalam pernyataan tertulis.

Sebelumnya, pada peringatan hari buruh internasional lalu, Facebook telah mengimplementasikan kenaikan gaji bagi sejumlah pekerja di kantor pusatnya, Menlo Park. Facebook akan memperluas kebijakan tersebut bagi karyawan dari perusahaan alih daya (outsource) yang cukup besar, yaitu mempunyai lebih dari 25 pekerja dan berkantor di Amerika Serikat.

Mengenai kenaikan gaji, publik dan lembaga legislatif di Amerika Serikat memang tengah memperdebatkannya. Hal itu dilakukan untuk mengeluarkan kebijakan yang bertujuan menaikkan gaji sebagai kebijakan paling minimal dan untuk memperkecil jurang kesenjangan sosial. Saat itu pula, sejumlah perusahaan di Amerika langsung berinisiatif untuk memperbaiki kondisi hidup pekerjanya, seperti adanya kebijakan Walmart, Costoco, dan Starbucks.

Bukan hanya facebook, dilansir dari Reuters , pada tahun sebelumnya, Google juga mengambil kebijakan yang sama dengan menaikkan gaji minimal menjadi 15 dollar AS per jam bagi karyawan-karyawan seperti sopir bus, petugas parkir, dan satpam di kantornya di California. Google juga memperbesar tunjangan kesehatan bagi semua karyawan tersebut.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close