Dumtruk Terbalik, 20 Buruh Perkebunan Jadi Korban

Category: Arsip 19 0
buruh perkebunan jadi korban
Kondisi buruh perkebunan yang menjadi korban kecelakaan dumtruk. Foto: Habadaily.com.

Solidaritas.net, Aceh – Dumtruk yang membawa buruh perkebunan PT Blang Keutumba terbalik di kawasan perkebunan kilometer 33 Jalan Bireuen – Takengon, Kecamatan Juli, Selasa (15/09/15) lalu sekitar pukul 08.00 WIB. Akibatnya, sebanyak 20 buruh kebun yang berasal dari Kecamatan Juli, Kuala dan Peudada itu mengalami luka-luka.

20 orang tersebut yaitu: Yusri (45 tahun), Nazli (43 tahun), Jamilah (43 tahun), Khaidir (25 tahun), Khatijah (50 tahun), Safrina (20 tahun), Azwan (40 tahun), Rahmi (50 tahun), Nasruddin (50 tahun), Darwati (45 tahun).

Berikutnya, Syarifuddin (45 tahun), Arma (23 tahun), Elida (50 tahun), Rahmawati (53 tahun), Nurasma (33 tahun), Fauzi (21 tahun), Syarifuddin (52 tahun), Fajar (20 tahun) dan Zairun (17 tahun).

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, meskipun begitu 20 pekerja itu harus dilarikan ke Rumah Sakit (RS) untuk mendapatkan perawatan medis karena mengalami luka-luka. Sementara itu, dua diantaranya harus dirujuk ke RSU Zainoel Abidin, Banda Aceh untuk mendapat perawatan intensif.

Kabid Pelayanan RSU Dr Fauziah Bireuen, Dr Safrizal Jufri mengatakan, para korban menderita luka lecet dan memar akibat terbentur benda tumpul. Mereka tiba di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sekitar pukul 09.30 WIB

Diduga kecelakaan tersebut terjadi akibat matinya mesin saat mobil hendak mendaki. Tidak dapat dikendalikan, mobil pun mundur sekitar puluhan meter.

“Sampai pada tanjakan saat oper gigi (porsneling) mesin mobil mati, lalu mobil tak dapat dikendalikan dan mundur sejauh beberapa puluh meter sehingga terbalik dan penumpang tumpah,” ucap Yusri, seorang penumpang dumtruk yang dirawat di IGD RSU Dr Fauziah Bireuen, dilansir dari Habadaily.com.

Diketahui, dumtruk memang digunakan oleh perusahaan yang bergerak di perkebunan sawit ini untuk menjemput maupun mengantar pekerja. Bukan hanya satu dumtruk, perusahaan bisa menggunakan lebih dari satu dumtruk untuk mengantar maupun menjemput para pekerja.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close