Buruh Buat Posko Mudik Menjelang Lebaran

Kredit foto www.fsp2ki.org
Kredit foto www.fsp2ki.org

Solidaritas.net – Posko mudik adalah sebuah posko yang didirikan di suatu tempat tertentu, tepatnya pada jalur yang dilalui buruh saat mudik. Posko ini didirikan dengan menyediakan beberapa fasilitas yang tentunya dapat digunakan oleh para pemudik saat singgah di posko untuk beristirahat atau mencari informasi.

Kaum buruh yang sedang dalam perjalanan mudik juga dapat berbagi mengenai pengalamannya di posko mudik. Baik pengalaman berserikat maupun selama bekerja di perusahaan. Seperti halnya posko mudik yang didirikan Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) dan Serikat Buruh Kerakyatan (SERBUK) di Kabupaten Karawang.

Buruh yang mudik melalui jalur Subang ke Indramayu-Cirebon dapat singgah di posko mudik yang didirikan di Jl. Syeh Quro Palawad-lamaran, Kabupaten Karawang ini.

Seperti yang diberitakan www.fsp2ki.org, posko ini didirikan dengan tujuan untuk beberapa hal, yaitu:

1. Memperkenalkan FSP2KI Karawang kepada para pemudik yang melintas bahkan yang singgah beristirahat.
2. Kampanye propaganda memperkenalkan kepada kawan – kawan buruh yang ada, terutama yang berdomisili di Karawang dan sekitarnya, bahwa FSP2KI ada untuk kita bersama.
3. FSP2KI peduli akan keselamatan kawan – kawan buruh yang mudik lebaran.

Selain dua serikat diatas, Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) Pekalongan dan Forum Keluarga Buruh Migran Indonesia-Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (FKBMI- KASBI) juga mendirikan posko mudik.

FPBI Pekalongan sendiri mulai mendirikan poskonya sejak 11 Juli 2015 yang lalu, tepat di depan masjid Al Karomah Jl. Gajah Mada Barat No. 124 Tirto, Kota Pekalongan. Selain menyediakan minuman seperti air mineral dan kopi, di posko ini, buruh juga dapat berdiskusi bersama rekan-rekan buruh lainnya.

Saat dihubungi Solidaritas.net, Minggu(12/7/2015), salah satu anggota FPBI Pekalongan, Azmir Zahara menjelaskan aktivitas buruh FPBI yang singgah di posko, yaitu mendiskusikan pengalaman berorganisasi, perjuangan, dll.

“Bagi buruh-buruh FPBI Pekalongan yang akan mudik dari arah Semarang, Demak, Kudus, Jepara dan Jawa Timur, atau buruh yang akan mudik dengan melewati jalur Pantura, bisa mampir di posko ini untuk berbagi pengalamannya,” tutur Azmir.

Sedangkan FKBMI-KASBI mendirikan posko mudik di jalur lintas utara, yaitu di Km 3 Pamanukan, Pusakanagara, Subang. Tetap jaga dan utamakan keselamatan berkendara selama melakukan mudik lebaran di tahun 2015 ini.

Sebarkan..

Tinggalkan Balasan