Brigade Medis Kuba Diusulkan Dinominasikan Menjadi Penerima Nobel Perdamaian

Category: Arsip 32 0
Foto ilustrasi (kredit berdikarionline.com)
Foto ilustrasi (foto: berdikarionline.com)

Solidaritas.net, Norwegia –  Dilansir dari Peoplesworld.org, dalam konferensi tahunan serikat buruh Norwegia, yang diadakan di Trondheim, Norwegia, pada bulan Februari lalu, menyatakan dengan suara bulat untuk mendukung Brigade Henry Reeve dari Kuba, selaku pekerja perawatan kesehatan internasional, untuk mendapatkan piagam penghargaan Nobel Perdamaian.

Brigade Henry Reeve, nama ini berasal dari seorang dokter kelahiran Amerika Serikat yang turut berpartisipasi dalam perang kemerdekaan Kuba melawan Spanyol pada abad ke 19. Organisasi ini dibentuk pada tahun 2005 yang beranggotakan dokter, perawat dan petugas kesehatan lainnya. Mereka secara sukarela memberikan bantuan perawatan kesehatan dalam situasi darurat dan berbahaya yang terjadi di seluruh belahan dunia.

Ketika wabah Ebola mulai menyebar di Liberia, Guinea dan Sierra Leone di Afrika Barat tahun lalu, sebanyak 461 tenaga medis anggota Brigade, dilatih oleh Institut Ilmu Pengobatan Tropis Pedro Kouri di Havana, dengan segera dikirim langsung untuk melakukan pekerjaan yang sangat berbahaya dengan menangani pasien Ebola, di daerah dimana fasilitas kesehatan dan infrastruktur dasar seperti jalan dan sistem komunikasi sangat terbatas.

Dilansir dari Wikipedia.org, Ebola merupakan penyakit yang menyerang manusia dan primata lainnya disebabkan oleh virus Ebola. Tanda dan gejala penyakit ini akan dimulai antara 2 hari dan 3 minggu setelah tertular virus Ebola. Demam, sakit tenggorokan, nyeri otot dan sakit kepala adalah gejala awal penyakit ini. Kemudian akan diikuti dengan demam, munculnya ruam bersamaan dengan penurunan fungsi hati dan ginjal.

Peran Kuba, melebihi proporsinya sebagai negeri kecil dengan sumber daya yang terbatas, telah diakui di seluruh penjuru dunia, termasuk oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Brigade Henry Reeve hanyalah sebagian kecil dari seluruh sistem solidaritas kesehatan Kuba bagi sejumlah negeri-negeri miskin lainnya.

Epidemi Ebola telah menginfeksi setidaknya 22.000 jiwa di tiga negeri, 9.000 jiwa diantaranya dinyatakan telah meninggal dunia. Sekurangnya satu anggota Brigade Henry Reeve, yaitu dokter Felix Baez telah tertular penyakit tersebut, namun berhasil diselamatkan. Satu orang pekerja administrasi asal Kuba meninggal dunia akibat serangan Malaria.

Saat ini epidemi Ebola telah berhasil ditangani dan mereda, namun setiap saat dapat mewabah kembali, baik itu di daerah semula maupun daerah lainnya.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close