APINDO Kabupaten Bekasi Minta Kenaikan Upah Nol Persen

Category: Arsip 13 1
Solidaritas.Net, Bekasi – Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Bekasi meminta nilai upah Kabupaten Bekasi tahun 2014 tetap sama dengan upah tahun lalu. Yang artinya, tidak ada kenaikan upah sama sekali pada tahun 2014 atau nol persen.

Hal ini terungkap dari pernyataan salah seorang anggota Dewan Pengupahan dari wakil buruh, Nurdin Muhidin, saat menyampaikan hasil perundingan di depan ratusan buruh Bekasi yang mengawal perundingan, pada Jumat (15/11) lalu.
“Angka Apindo, mohon maaf, angkanya sama dengan tahun lalu, 2014 tidak ada kenaikan sama sekali,” kata Nurdin yang berasal dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ini.
Perundingan tersebut dihadiri oleh 27 orang yang terdiri atas tujuh orang dari pihak buruh, tujuh orang dari kalangan pengusaha, 12 orang dari kalangan pemerintah, dan satu orang dari akademisi.
Dewan Pengupahan yang membicarakan mengenai besaran angka upah minimum dan upah sektoral tersebut berakhir deadlock, dan akan kembali dilanjutkan pada Senin, 18 November 2013.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengharuskan hasil perundingan Dewan Pengupahan di tiap kota/kabupaten harus sudah selesai pada tanggal 18 November. Jadi, kemungkinan besar Dewan Pengupahan Kabupaten Bekasi akan melakukan voting jika tidak ada kesepakatan mengenai besaran upah pada tanggal tersebut.
Buruh akan kembali melakukan pengawalan pada Senin, 18 November 2013. Misalnya FSPMI yang berencana menurunkan 10 ribu massa untuk melakukan aksi ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi.
Nampaknya, jika tekanan massa buruh tidak maksimal pada hari Senin, maka kenaikan upah Kabupaten Bekasi 2014 bisa menjadi sangat kecil atau tidak naik sama sekali. (Rn/Ok)

Sebarkan..

Related Articles

One thought on “APINDO Kabupaten Bekasi Minta Kenaikan Upah Nol Persen

Add Comment

close