Anggota DPR RI Ke AS, Direktur CBA: Bahagiakan Anak Isteri Jangan Pakai Uang Negara

Category: Arsip 15 0
Uchok Sky Khadafi
Direktur Centre For Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi. Foto: Inilah.com.

Solidaritas.net, Jakarta – Kehebohan video yang menunjukkan keikutsertaan Ketua DPR RI Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dalam konferensi pers kampanye kandidat calon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di New York, AS, beberapa waktu lalu, ternyata terus berbuntut panjang. Belakangan, masyarakat juga menyorot soal rombongan delegasi DPR RI untuk pertemuan pimpinan parlemen di Markas PBB, New York tersebut. Rupanya, sejumlah wakil rakyat itu ternyata juga membawa isteri dan anak, serta para ajudannya.

Direktur Centre For Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi pun langsung angkat suara. Dia mengatakan, modus membawa isteri, anak ataupun anggota keluarga lainnya selama ini kerap dilakukan oleh para pejabat negara, bahkan termasuk presiden. Mereka malah seperti mengesampingkan urusan penggunaan uang negara demi membahagiakan isteri dan anak.

“Jokowi saja untuk urusan pulang kampung menggunakan pesawat kepresidenan, padahal pesawat kepresidenan itu hanya boleh digunakan untuk keperluan dinas. Kalau untuk keperluan pribadi, maka dia harus naik pesawat komersil biasa dan atas biaya sendiri. Kalau mau membahagiakan anak isteri mengajak liburan, gunakan uang pribadi. Jangan urusan membahagiakan anak isteri menggunakan uang negara,” tegas Uchok di hadapan wartawan di Jakarta, seperti dikutip oleh Solidaritas.net dari situs Pos Kota News, Selasa (8/9/2015).

Makanya, Uchok sangat mendukung langkah Majelis Kehormatan Dewan (MKD) di DPR RI yang akan memeriksa dugaan penyalahgunaan wewenang para wakil rakyat dalam delegasi DPR RI ke AS, yang membawa anggota keluarganya apakah biaya sendiri atau uang negara.

“Bagus, kalau mau diperiksa sekalian semua anggota DPR saja diperiksa. Saya yakin banyak anggota DPR menggunakan kunker mengajak isteri, anak maupun anggota keluarga lain. Gaji sudah besar, masak mengajak jalan-jalan anak isteri gunakan uang negara. Mereka seharusnya tidak membawa anak sehingga bisa fokus menjalankan tugasnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Setya yang juga merupakan Ketua Delegasi DPR RI ini membawa isterinya Deisti Atriani. Kemudian, Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI Roem Kono, serta anggota Komisi IV Bidang Pertanian, Pangan, Maritim, dan Kehutanan DPR RI Robert Joppy Kardinal juga membawa isterinya masing-masing, yakni Letty Novianthi dan Wiwik Ariany Kardinal. Sedangkan, Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen DPR RI Nurhayati Ali Assegaf membawa anaknya, Syarif Assegaf dalam rombongan delegasi DPR RI ke AS tersebut.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close