Ahok Komentari Petisi Ibu yang Diusir dan Dimaki Perokok di Mal

Category: Arsip 8 0
ahok
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Solidaritas.net, Jakarta – Karena merasa diperlakukan tidak adil saat diusir dan dimaki oleh seorang perokok di kafe J.Co Donuts Pluit Village Mall, Pluit, Jakarta Utara, Rabu (26/8/2015) lalu, ibu dua anak bernama Elysabeth Ongkojoyo menulis petisi kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), serta pihak Lippo Mall Pluit dan J.Co Indonesia. Ternyata petisinya itu mendapat tanggapan dari Ahok, yang mengecam tindakan perokok tersebut.

“Memang di mal itu enggak boleh merokok. Makanya nanti kami tangkap. Kami (bisa) cabut SLF (sertifikat layak fungsi)-nya,” ujar Ahok saat dijumpai di Balai Kota Jakarta, sembari mengingatkan manajemen mal itu untuk melarang dengan tegas para perokok merokok di malnya, seperti dikutip oleh Solidaritas.net dari portal Kompas.com, Rabu (2/9/2015).

Elysabeth awalnya diusir secara halus oleh pihak J.Co, dan kemudian didatangi perokok itu.. Namun, dia menolak, karena dia duduk di kawasan dilarang merokok, dan memang smoking area di kafe itu sudah tak ada lagi. Sayangnya, pria perokok itu malah memaki Elysabeth dengan kata-kata kasar, sehingga terjadi adu mulut. Pihak J.Co berusaha melerai mereka. Namun, karena tak ada solusi dari pihak J.Co, Elysabeth pun memilih meninggalkan lokasi. (Baca juga: Ini Wajah Perokok yang Mengusir dan Memaki Ibu Bawa Bayi di J.Co)

Sementara itu, Public Relation PT J.Co Indonesia, Alifia, mengaku telah menyampaikan permohonan maaf pada Elysabet. Mereka juga telah menegur pelanggan yang merokok itu. Bahkan, selang dua hari setelah kejadian, Jumat (28/8/2015), tulisan ‘Ruangan Bebas Asap Rokok’ juga terlihat telah terpasang di salah satu tembok ruangan di J.Co Pluit Village Mall. (Baca juga: Ibu yang Diusir dan Dimaki Perokok di Mal Tulis Petisi pada Ahok)

“Kami sangat menyayangkan hal seperti ini (pelanggan yang merokok). Kru kami sudah meminta maaf langsung ke klien yang merasa dirugikan atas insiden tersebut,” kata Alifia.

Selain itu, Public Relation Manager Lippo Mall Indonesia, Nidia Niekmasari Ichsan, juga telah menegaskan tidak pernah mengizinkan tenant di Pluit Village Mall menyediakan smoking area. Dia mengaku kaget saat mengetahui di kafe J.Co itu terdapat exhaust fan yang biasanya digunakan untuk smoking area. Padahal, pihaknya sudah menerapkan regulasi ketat soal larangan merokok di seluruh area mal di bawah naungan Lippo Mall Indonesia itu.

“Kasusnya sedang kita pelajari. Kalau bisa harus diselesaikan hari ini juga. Kita juga sudah tanyakan ke pihak J.Co dan pelanggan yang bersangkutan,” ucap Nidia pula berkomentar.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close