Anak Mary Jane: Kaesang, Tolong Selamatkan Ibu

Category: Uncategorized 19 0

Solidaritas.net, Filipina – Kedua anak dari terpidana mati Mary Jane, Mark Daniel (12) dan Mark Darren (6) membuat video yang ditujukan pada anak presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, memohon agar Kaesang membantu menyelamatkan ibu mereka dari hukuman mati. Video ini dibuat sebelum keduanya berangkat ke Indonesia, 23 April 2015. Kemudian diunggah ke Youtube dan disampaikan via Twitter di mana Kaesang aktif dengan akun @kaesangp.

putra mary jane
Kedua anak Mary Jane Veloso. Foto: Rappler.com

Rencananya Mary Jane akan dieksekusi oleh regu tembak pada Selasa (28/04/2015) bersama 8 terpidana mati lainnya di Nusakambangan. Ia tertangkap membawa 2,6 kg heroin di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta pada 25 April 2010. Dalam pembelaannya, Mary Jane adalah buruh migran miskin yang menjadi korban perdagangan manusia. Awalnya, ia ditawari bekerja secara ilegal di Malaysia oleh temannya, Maria Kristina P Sergio. Sesampai Malaysia, tujuan diubah ke Yogyakarta dan barang bawaan diatur oleh temannya tanpa ia ketahui.

Mary Jane menikah pada tahun 2000 di usia 16 tahun dan dikaruniai dua anak. Kemudian, berpisah karena sang suami tidak bekerja, gemar berjudi dan mabuk-mabukan. Sejak itu, ia bekerja apa saja untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan kedua anak, termasuk menjajakan es lilin, pisang goreng dan telur balot. Tahun 2009, ia ke Dubai untuk bekerja sebagai buruh migran, namun hanya bertahan selama 10 bulan karena mengalami percobaan perkosaan.  Ia trauma dan sempat dirawat satu bulan di rumah sakit. (temuan Komnas Perempuan)

Berikut transkip dan video permohonan anak Mary Jane yang masih berusia 12 tahun:

“Kaesang, tolong ibu saya. Tolong bilang ayah kamu agar tidak mengeksekusi ibu saya. Kami mohon bapak batalkan hukuman bagi ibu kami dan jangan eksekusi dia.”

Kedua anak ini akan kehilangan ibu mereka.

https://www.youtube.com/watch?v=RB0c1vU13uQ

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close