4.500 Buruh Tiongkok Kembali Dibawa Liburan ke Luar Negeri

Category: Uncategorized 14 0

Solidaritas.net – Sebanyak 4.500 buruh di Tiongkok kembali dibawa liburan secara gratis ke luar negeri oleh perusahaan yang mempekerjakan mereka. Para buruh yang bekerja di salah satu perusahaan kosmetik Tiongkok, Perfect itu berlibur selama lima hari di Belanda, dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di kota-kota di negara tersebut. Bahkan, sebelumnya mereka juga sempat mendarat di Thailand, sebelum terbang ke negeri Kincir Angin tersebut.

buruh tiongkok liburan ke belanda
Wisatawan Tiongkok berfoto bersama di depan salah satu gedung bersejarah di Belanda. Mereka adalah sekian dari 4,500 pekerja perusahaan kosmetik asal Tiongkok yang sedang berlibur di Belanda. Sebelumnya, pemilik perusahaan mengajak mereka berlibur di Paris dan Thailand. Foto: Shanghaiist.com.

Media lokal di Belanda melaporkan bahwa kunjungan buruh dari perusahaan Perfect itu merupakan kunjungan kelompok wisatawan asing terbanyak di Belanda hingga saat ini. Untuk mengangkut mereka berlibur di kota-kota di negera tersebut, sebanyak 90 bus pun disediakan. Mereka juga harus sampai menginap di hotel-hotel di luar Amsterdam, seperti The Hague, Delft, Rotterdam dan Utrecht, karena fasilitas kamar di kota itu sudah habis. (Baca juga: 6.400 Buruh Cina Liburan Gratis ke Paris)

“Ini spektakuler, sebuah perusahaan mengirimkan banyak orang untuk berlibur di negeri kami yang kecil,” kata Menteri Ekonomi Belanda, Henk Kamp, saat menerima pimpinan delegasi buruh asal Tiongkok itu di Mauritshuis, museum seni ternama di The Hague yang berisi lukisan Masa Keemasan Belanda, seperti dilansir Tribunnews.com, Selasa (2/6/2015).

Kementerian Ekonomi Belanda secara tidak langsung mendapat banyak keuntungan dari kedatangan kelompok wisatawan itu. Menurut Dutch Tourism Bureau (NBTC) atau Biro Pariwisata Belanda, kunjungan ribuan wisatawan ini setidaknya akan meningkatkan ekonomi lokal mencapai 7 juta euro. Selain itu, Belanda juga akan mendapat promosi gratis, karena para wisatawan tersebut akan menyebarkan berita tentang Belanda di negeri mereka.

Disampaikan NBTC, para wisatawan ini berbagi pengalaman positif tentang Belanda sebagai daerah tujuan wisata, foto-foto liburan mereka dan suvenir dari Belanda, dengan teman-teman dan keluarga mereka. Bisa saja, Belanda juga akan masuk dalam daftar tempat menarik untuk menghabiskan liburan bagi warga Tiongkok lain menurut para wisatawan itu.

Selama di Belanda, para buruh Tiongkok ini mengunjungi Delft dan taman nasional Veluwe di timur Holland. Kemudian, mereka juga mendatangi pusat kongres di Utrecht, sembari juga menikmati gala dinner dan berfoto bersama. Tak hanya itu saja, mereka juga berkunjung ke pusat wisata yang memiliki banyak gerai perbelanjaan, Roermond, dan berbelanja banyak peralatan dapur yang mewah, sehingga salah satu asisten toko di sana pun merasa bingung.

“Aku belum pernah melihat ini dalam hidup saya. Mereka menghabiskan antara 500 dan 1.000 euro perorang!” ungkap Marijke Boom, asisten toko itu setelah melayani wisatawan.

Sebelumnya, seperti pernah diberitakan oleh Solidaritas.net, salah satu perusahaan besar di Tiongkok, Tiens Group juga baru saja memberikan liburan gratis kepada 6.400 buruhnya, sebagai bentuk penghargaan dari perusahaan. Mereka mendapatkan liburan gratis ke Paris, Prancis selama empat hari. Mereka mengunjungi berbagai tempat di kota yang berjuluk City of Light tersebut, termasuk berwisata ke museum Louvre, galeri seni terbesar di kota Paris.

Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close