100 Massa KNPB Ditangkap di Jayapura

Category: Uncategorized 5 0

Papua – Lebih dari 100 massa aksi Komite Nasional Papua Barat ditangkap polisi ‎saat melakukan aksi peringatan New York Agreement, Senin (15/8/2016), di Jayapura. Sejak pukul 9.00 WIT polisi menghadang massa di Jalan SPG Waena. Massa dari asrama Paniai dan Yahukimo dihadang dan empat orang ditangkap. 

Berina dan anaknya.

Dalam kekerasan tersebut, 100 orang ditangkap dan mengalami luka-luka, di antaranya Elmin Kem (27) tertembak di dada, Nope Kiwab tergores peluru di dahi dan ‎Berina yang dipukuli hingga pingsan sehingga anak yang digendongnya terlepas.

Terjadi aksi pembakaran yang menjadi alasan polisi untuk melakukan pengamanan. Pembakaran kayu dan gerobak terjadi di depan Kantor Tabloid Jubi yang segera dipadamkan oleh mobil barakuda polisi. Namun, menurut sumber kami di lapangan, pembakaran tersebut bukan dilakukan oleh massa KNPB. Penangkapan terjadi terlebih dahulu, kemudian disusul dengan aksi pembakaran.

SuaraPapua.com melaporkan, massa yang melakukan aksi pembakaran tersebut melakukannnya di beberapa titik di sepanjang jalan utama, dimulai dari depan jalan masuk gang Jati, Perumnas II Waena sampai di depan asrama Mimika, Perumnas I Waena. Empat gerobak jualan milik para pedagang kali lima yang disimpan di pinggiran jalan ikut dibakar oleh massa. Massa juga membakar kayu dan ban mobil. Selain itu massa juga memalang jalan dengan menghamburkan batu-batu dan botol-botol minuman.

“Kami tidak tahu siapa yang bakar-bakar itu. Yang jelas bukan kami. Karena massa KNPB yang pertama lewat di sekitar Perumnas II Waena itu ditangkap. Lalu tiba-tiba ada yang bakar-bakar itu. Massa KNPB selanjutnya lewat dengan kawalan polisi,” kata Bazoka Logo, jubir KNPB, dikutip dari TabloidJubi.com.

Nope Kiwab
Sebarkan..

Related Articles

Add Comment

close